Presiden Jokowi: Ditengah Dunia Mulai Makin Tak Religius, Semangat Keagamaan Masyarakat ASEAN Meningkat

Jokowi ASEAN
Presiden Jokowi pada acara ASEAN Intercuktural and Interreligius Dialogue Conference (IIDC) 2023 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Senin 7 Agustus 2023.
120x600
a

JAKARTA (Otonominews.id) – Presiden RI Joko Widodo () membuka gelaran ASEAN Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (IIDC) 2023, Senin (07/08/2023) di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin 7 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, mengungkapkan masyarakat di dunia saat ini yang dinilainya mulai semakin tidak religius. Jokowi menyebutkan, ini ditunjukkan oleh survei Ipsos Global Religion pada tahun 2023 yang menyatakan 29 persen dari 19.731 orang responden dari 26 negara adalah agnostik dan ateis.

Namun begitu Presiden meyakini masyarakat ASEAN justru memiliki semangat keagamaan yang semakin meningkat. Jokowi mencontohkan seperti Indonesia, yang berdasarkan penelitian Pew Research Center merupakan negara yang masyarakatnya paling percaya Tuhan. Sebanyak 96 persen responden di Indonesia meyakini bahwa moral yang baik ditentukan kepercayaan kepada Tuhan.

“ASEAN telah menunjukkan bukti, negara-negara ASEAN antara lain Indonesia, telah berhasil mempertahankan tradisi toleransi yang kuat. Di tengah keberagaman budaya dan agama, Indonesia mampu terus menjaga kerukunan dan mengelola keragaman etnisitas, suku, budaya, agama, dan kepercayaan,” ucap Presiden.

r
Lihat Juga :  Haidar Alwi: Saya Pendukung Garis Keras Jokowi! Mengecam Pernyataan Hasto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *