Perkuat Ekosistem Startup, Menkominfo Ajak Jadi Prosumer Teknologi

kominfo menteri budie arie ises 2023 ayh 22 (1)
120x600
a

Solo, otonominews.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan pengembangan ekosistem startup hanya bisa dilakukan dengan ketersediaan infrastruktur digital yang memadai dan pemanfaatan teknologi terkini. Guna mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, Menkominfo mendorong agar masyarakat Indonesia menjadi prosumer atau produsen sekaligus konsumen hal teknologi digital.

“Jangan hanya jadi konsumen saja, jadi prosumer. Kalau kita ingin maju, ya harus bisa bersaing membuat dan memanfaatkan teknologi dan mengembangkan inovasi,” ujarnya dalam Talkshow Road to Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES) 2023 di Solo Technopark, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (11/08/2023).

Menurut Menteri Budi Arie, saat ini percepatan pemeratan dan pemanfaatan infrastruktur digital menjadi perhatian pemerintah. Hal itu ditujukan agar teknologi digital dapat dimanfaatkan secara optimal unfuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Kecepatan internet di Indonesia masih di bawah rata-rata dunia, bahkan di Asia Tenggara kita hanya lebih baik dari Laos. Padahal, data dari Google menyebutkan pertumbuhan kecepatan internet dan konsumsi data akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sampai 10 persen. Jika konsumsi data kita lebih dari 60 Gbps seperti Amerika maka pertumbuhan ekonomi akan bisa pesat,” jelasnya.

Menkominfo mengakui, kondisi Indonesia berbeda dengan negara lain di dunia. Kondisi geografis yang terdiri dari kepulauan dan 1.905 juta km persegi menjadi tantangan tersendiri dalam pemerataan infrastruktur digital.

“Ada banyak pekerjaan kita, namun semuanya akan bisa diatasi dengan kolaborasi. Saya yakin dengan menggerakan semua sektor tantangan ini akan dapat diatasi,” ujarnya.

r
Lihat Juga :  Mendagri: 105 Tahun Damkar, Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Personel Jaga Kepercayaan Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *