Kemendagri Fokus pada Ketahanan Pangan di Tengah Ancaman Perubahan Iklim

IMG 20230906 173927
120x600
a

JAKARTA (otonominews.id) – Dirjen Bina Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Restuardy Daud, menyampaikan bahwa, menjadi ancaman serius bagi ketahanan pangan global.

Oleh karena itu, seluruh pihak, termasuk pemerintah dan pemangku kepentingan, harus berkolaborasi untuk melaksanakan kebijakan dan strategi yang telah disusun, demi menjaga ketahanan pangan yang mungkin akan terdampak karena perubahan iklim.

Hal tersebut diungkap Restuardy Daud, pada acara forum workshop Membangun Ketahanan Perubahan Iklim dan Ketahanan Pangan, yang diselenggarakan Corus di Hotel Wyndham Jakarta, Rabu (6/9/2023).

“Forum ini sangat penting dan strategis untuk mengembangkan gagasan dari seluruh pemangku kepentingan dalam upaya adaptasi perubahan iklim dan dampaknya terhadap ketersediaan pangan,” kata Restuardy Daud.

IMG 20230906 173956

Menurutnya, perubahan iklim dapat menjadi tantangan dan ancaman, namun juga bisa menjadi peluang untuk mengembangkan potensi teknologi dan keanekaragaman pangan yang dimiliki Indonesia. Terlebih, jumlah penduduk Indonesia yang cukup besar.

Ada tiga komoditas vital yang harus dipersiapkan, yaitu air, pangan, dan energi.

“Komoditas-komoditas tersebut sangat penting dan harus tersedia secara berkelanjutan,” ujarnya.

r
Lihat Juga :  Kemendagri Warning Pemda, Penanganan Inflasi Jangan Hanya Sekedar Formalitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *