Hadapi Kenaikan Harga, Mendagri Minta Daerah Sigap Gerakan Pangan Murah

Mendagri Tito Rakor Inflasi Daerah2
Mendagri Tito Karnavian memimpin Rakor Pengendalian Inflasi Daerah di Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Rabu 27 September 2023.
120x600
a

pun mengarahkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) agar menggelar rapat bersama provinsi yang realisasi dana dekonsentrasinya masih rendah. Melalui forum tersebut, nantinya bakal melibatkan Bapanas untuk memberikan arahan kepada provinsi yang hadir. Forum ini sekaligus untuk menghimpun berbagai permasalahan yang dihadapi dalam merealisasikan dana tersebut.

“Kita pengen tahu juga masalahnya apa, kalau kurang jelas berarti perlu ada penjelasan,” tegas Mendagri.

Di lain sisi, Mendagri juga meminta Pemda agar berkoordinasi dengan Bulog setempat mengenai stok cadangan beras di daerahnya. Hal ini untuk menyikapi kenaikan harga beras, sehingga ada langkah pengendalian. Terlebih presiden telah meminta bulog agar segera mendistribusikan beras ke pasar-pasar untuk menekan kenaikan harga.

“Kalau belum (disalurkan) cari masalahnya apa untuk didorong,” ujarnya.

Mendagri menambahkan, untuk mempercepat distribusi tersebut, pemda juga dapat memanfaatkan dana dekonsentrasi termasuk BTT.

“Apabila ragu menggunakan dana tersebut, Pemda dapat berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri di wilayah masing-masing untuk mendapat penjelasan,” tutup Mendagri.***

r
Lihat Juga :  Pimpin Ministerial Meeting World Water Forum ke- 10 di Bali, Mendagri: Pentingnya Air Sebagai Sumber Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *