RSUD di Provinsi Kaltara Kekurangan SDM dan Alkes, DPR RI Minta Pemerintah Lebih Perhatian

Komisi IX DPR RI Kaltara
Komisi IX DPR RI kungjungan ke RSUD Tarakan Kalimantan Utara, Kamis 5 Oktober 2023.
120x600
a
0 Shares

JAKARTA (Otonominews.id) menemukan sejumlah kekurangan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Jusuf SK dan Rumah Sakit Daerah (RSD) Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), khususnya kekurangan sumber daya manusia (SDM) dan alat kesehatan (alkes). Kekurangan tersebut ditemukan saat para legislator Senayan itu melakukan kunjungan kerja di dua rumah sakit milik pemerintah itu, Kamis (5/10/2023).

Wakil Ketua Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati meminta agar hasil temuan ini mendapatkan perhatian khusus. Apalagi, tambahnya, Provinsi Kaltara ini memiliki prospek untuk bisa menjadi provinsi yang unggul ke depan, sehingga harus didukung kemajuannya.

“Provinsi Kaltara ini kan berbatasan dengan negara lain. Kita mau upayakan agar layanan kesehatannya dilengkapi, sehingga tidak harus membuat masyarakat di sini berobat jauh-jauh, apalagi kalau sampai berpikir ke luar negara Indonesia. Rasanya memang harus segera dilengkapi ya, baik itu SDM maupun Alkesnya,” papar Mufdayati usai peninjauan di Provinsi Kaltara, Kamis (5/10/2023).

Politisi Fraksi PKS ini menjelaskan, melihat fasilitasnya, RSUD dr. Jusuf SK sudah lumayan lengkap. Hanya saja, kata dia, masih kekurangan SDM terutama tenaga kesehatannya. Komisi IX memantau, alat untuk pasang ring jantung sudah ada di RSUD ini, namun, sayangnya sudah setahun belum digunakan karena SDM-nya sudah ada tetapi masih harus menempuh pendidikan lebih lanjut dulu di Jakarta untuk belajar.

Anggota Komisi IX lainnya, Kurniasih menambahkan, persoalan alat kesehatan di RSUD selalu menjadi prioritas di Komisi IX.

”Kita di Komisi IX selalu memprioritaskan anggaran itu untuk Alkses di Rumah Sakit Umum Daerah, baik tingkat provinsi maupun kota. Tapi yang menjadi catatan kami hari ini, supaya tidak mengalami kejadian yang sama, Alkes yang disediakan harus diimbangi juga dengan ketersediaan SDM,” imbuh Kurniasih.

r
Lihat Juga :  Dilanda El Nino, Petani Pinrang Masih Pesta Panen Padi, Pj Gubernur Sulsel Optimistis Surplus 2 Juta Ton Beras Tercapai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *