Terus Berkembang, Corak Batik Khas Kota Bekasi Simbol Perjuangan Kota Patriot

Sri Sunarni Batik Bekasi
Pengrajin Batik Kota Bekasi, Sri Sunarni.
120x600
a
0 Shares

BEKASI (Otonominews.id) – Tak dipungkiri Kota Bekasi termasuk salah satu kota yang tak lepas dari kisah kepahlawanan melawan penjajah dalam perjuangan meraih kemerdekaan. Maka tak heran kota yang menjadi penyangga ibu kota Negara RI DKI Jakarta ini dijuluki ‘Kota Patriot’.

Simbol kepatriotan yang melekat pada Kota Bekasi juga menjadi inspirasi yang dituangkan dalam corak Batik khas Bekasi. Karena itu, Batik Khas Kota Bekasi ini menjadi salah satu kearifan lokal khas Bekasi yang hingga saat ini masih terjaga. Batik khas Bekasi telah menjadi identitas Bekasi dan diabadikan menjadi simbol perjuangan Kota Patriot disaat melawan penjajah.

Diketahui, bahwa busana batik diera saat ini tidak seperti dizaman yang dahulu, yang lebih banyak dikenakan oleh kaum orang tua, dan cenderung untuk acara resmi. Namun corak batik kian berkembang seiring perkembangan fashion yang mengikuti era modernisasi.

Salah satu pelaku (Usaha Menengah Kecil Mikro) pengrajin Batik di Kota Bekasi, Sri Sunarni, membeberkan tentang perkembangan Batik khas Kota Bekasi yang mempunyai corak khas yang telah dipakemkan oleh Kota Bekasi sejak beberapa tahun yang lalu.

UMKM Batik Bekasi Plt Wali Kota
Sri SUnarni bersama Tri Adhianto yang saat itu Wali Kota Bekasi.

Perlu diketahui, sejak awal keberadaan Batik Khas Bekasi, dimulai dengan peluncuran pertama pada tahun 2013 dan diresmikan Pemkot Bekasi pada tanggal 10 Maret 2014, tepat pada HUT Kota Bekasi ke-17 tahun. Berbagai pola dan corak dalam Batik Bekasi yang menggambarkan kekayaan alam Bekasi dengan wilayahnya dikelilingi oleh rawa, kultur masyarakat lokal Bekasi yang beragam, serta sejarah Bekasi menjadikan sebagai ciri khas dari motif batik Bekasi

Sri, sapaan Sri Sunarni ini mengungkapkan, Kota Bekasi memiliki 12 corak batik yang sudah dipakemkan. Corak batik tersebut banyak yang menggambarkan tentang kehidupan masyarakat Bekasi saat dikuasai oleh penjajah.

Lihat Juga :  Pemerintah Ingin UMKM Terus Berinovasi dan Membuat Terobosan Baru

Sri menjelaskan, Batik khas Kota Bekasi dimulai dengan 12 Corak Batik, yakni floranya seperti bambu, bunga Teratai, pohon kecapi. Dan faunanya ada gabus, burung mandar, ikan betok, ikan sepat, lele dan lainnya. Dari budayanya seperti Blantek, alat musiknya seperti terompet.

“Untuk yang 12 motif batik Bekasi telah dipatenkan dan motif-motif dalam Batik Bekasi terus berkembang,” ungkap Sri di Bekasi, dihubungi Otonominews.id via telepon, Senin 9 Oktober 2023.

Sri juga mengatakan, bedanya corak Batik Khas Kota Bekasi ini adalah warnanya yang lebih cerah atau lebih ‘ngejreng’. Ia menjelaskan, Batik Bekasi memiliki corak warna cerah, yang berkaitan dengan Kota Bekasi sebagai kota patriotik.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *