JAKARTA (Otonominews) – Melesatnya ekonomi digital Indonesia dengan adanya kehadiran platform eCommerce sebagai katalis, telah membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melebarkan jangkauan penjual ke ranah online.
Riset Populix 2023 di sisi lain juga menunjukkan eCommerce (82%) menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kesehatan dibandingkan media sosial (13%).
Untuk membantu UMKM menangkap peluang ini, terutama jelang festival belanja akhir tahun, Lazada Indonesia menggelar Lazada Seller Conference: Level Up 2023 yang telah digelar sejak 2019 lalu.
Dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag), Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, Lazada Seller Conference 2023 menjadi upaya Lazada meningkatkan pengetahuan bisnis dan juga membuka wawasan para pelaku UMKM dengan tren terkini.
Acara ini juga bertujuan untuk mempersiapkan para penjual di Lazada menghadapi festival belanja online akhir tahun, yang dikenal juga dengan istilah Festival Belanja Online 11.11 dan 12.12.
Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi Lazada Seller Conference 2023 dalam sambutan singkat melalui video singkatnya.
“Pemerintah baru saja menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 dalam rangka menciptakan persaingan usaha yang sehat dan melindungi produk UMKM,” katanya.
Kementerian Perdagangan akan terus bersinergi dengan industri e-commerce di Indonesia untuk menciptakan lingkungan eCommerce yang aman, nyaman, dan bermanfaat bagi semua.
“Selamat dan sukses atas terselenggaranya Lazada Seller Conference 2023. Semoga acara ini dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Mari kita majukan perdagangan yang lebih adil dan Bangga Buatan Indonesia,” kata Zulkifli.
Selain dibuka oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, acara Lazada Seller Conference: Level Up 2023 diisi oleh berbagai pembicara dari Lazada, termasuk Chief Executive Officer Lazada Indonesia, James Chang, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Intan Ayu Kartika, serta Head of Seller Development and Sales Operations, Lazada Indonesia Stefan Winata.
Berbagai sesi dalam acara ini juga menghadirkan Motivator & CEO Tribelio, Denny Santoso serta perwakilan jenama besar di Lazada seperti Lizzie Parra (BLP), Haykal Kamil (ZM by Zaskia Mecca), dan Jason Edward (EIGER).
Lazada Seller Conference 2023 kali ini dengan mengambil tema “Ada Dukungan Suksesmu di Lazada” menjadi penegasan komitmen Lazada untuk memberdayakan penjual melalui fitur dan teknologi yang dapat meningkatkan bisnis, sekaligus juga menjalin hubungan dengan penjual, dan jenama dalam semaraknya perayaan festival belanja online akhir tahun yang akan datang melalui program 11.11 dan Harbolnas 12.12.
Chief Executive Officer Lazada Indonesia, James Chang dalam pidatonya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi para pelaku UMKM di Lazada yang berkeinginan untuk terus belajar dan serius mengembangkan bisnisnya.
James mengatakan bahwa semua dukungan yang dibutuhkan UMKM #AdadiLazada, dan Lazada akan terus membuka kesempatan bagi UMKM Indonesia untuk berkembang di dalam ekosistem Lazada.
Peserta yang hadir di acara ini merupakan perwakilan dari pelaku UMKM dan brand lokal Indonesia yang memang serius ingin mengembangkan bisnisnya di Lazada.