Inflasi Sulbar Terendah Ketiga Nasional, Prof Zudan: Kuncinya, Jaga Harga dan Ketersediaan Pasokan

Pj Gubernur Sulbar
120x600
a
0 Shares

(Otonominews.id) – Inflasi di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) lebih rendah daripada angka tingkat nasional. Dengan tingkat inflasi IHK Kota Mamuju pada September 2023 sebesar 1,19 % (yoy), maka Sulbar tercatat sebagai provinsi dengan inflasi terendah ketiga di Indonesia.

Arif Fakrulloh mengatakan, faktor terjadinya inflasi di setiap daerah, termasuk di Sulbar, salah satunya adalah perubahan cuaca El Nino Juli-September. El Nino, kata dia, berdampak pada penurunan produksi di sektor pertanian.

Prof Zudan mengungkapkan hal itu
usai mengikuti Pengarahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kepada para Pj Kepala Daerah se-Indonesia tahun 2023 di Istana Negara, Senin, 30 Oktober 2023.

Untuk itu, Sekertaris Utama Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (Sestama BNPP) ini menyebutkan, pentingnya rutin melakukan pengecekan harga dan ketersediaan pasokan bahan pangan. Utamanya TPID Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan Daerah dan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM, dengan berkolaborasi berbagai pihak, termasuk Bank Indonesia dan Perum Bulog.

r
Lihat Juga :  Pelantikan 5 Pj Gubernur, Prof Zudan Pindah ke Sulsel Tukar Tempat dengan Bachtiar Baharuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *