Warga Indonesia di Temburong, Apresiasi Pelayanan Terpadu KBRI Bandar Seri Begawan

IMG 20231120 WA0029
120x600
a

TEMBURONG, (otonominews.id) –  Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Achmad Ubaedillah, MA menegaskan komitmen negara hadir melayani dan melindungi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di wilayah akreditasi KBRI Bandar Seri Begawan, termasuk PMI yang berada di Distrik Temburong.

Komitmen Duta Besar Ubaedillah tersebut disampaikan pada acara penyuluhan dan sosialisasi kekonsuleran, keimigrasian dan ketenagakerjaan, yang sekaligus digunakan untuk perkenalan Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, dihadiri oleh lebih dari 100 orang PMI pada tanggal 18 November 2023 bertempat di Stoneville Hotel, Temburong. Diperkirakan terdapat 300 orang WNI/PMI berdomisili di Daerah Temburong.

Warga Negara Indonesia yang hadir pada kegiatan penyuluhan dan sosialisasi tersebut umumnya PMI asal Jawa tengah dan Jawa Timur (Kebumen Bumiayu, Blitar, Klaten, Ponorogo, Kediri, Tulung Agung dan lainnya) yang bekerja di berbagai bidang, antara lain, konstruksi, ladang, perkebunan, sayuran, peternakan, sopir, dan lainnya.

Pelayanan jemput bola ke kantong-kantong WNI yang dikenal dengan warung konsuler dilakukan secara terpadu, meliputi pelayanan kekonsuleran, keimigrasian dan ketenagakerjaan.

IMG 20231120 WA0028

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Ubaedillah juga memperkenalkan diri. Dalam sambutan perkenalannya, Duta Besar RI menyampaikan antara lain “Rangkaian kegiatan pelayanan terpadu ke Temburong ini merupakan komitmen KBRI Bandar Seri Begawan untuk mewujudkan kehadiran negara dalam melindungi WNI di Brunei Darussalam. Menghimbau kepada WNI di Brunei Darussalam termasuk di Temburong agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta mematuhi hukum dan peraturan yang ada di Brunei Darussalam.” Ditambahkan bahwa salah satu bukti komitmen KBRI Bandar Seri Begawan untuk mewujudkan Negara hadir dalam pelayanan dan pelindungan WNI adalah melalui pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK). Oleh karena itu, saran dan masukan kepada KBRI sangat dihargai dalam mendukung pelayanan publik KBRI Bandar Seri Begawan menajdi lebih baik.

Lihat Juga :  Kunjungi Kantor Pusat DEA Amerika, BNN RI Berbagi Data dan Pengalaman Pemberantasan Narkoba

Tidak kalah pentingnya adalah ajakan Duta Besar Ubaedillah kepada PMI yang hadir untuk melaksanakan Pemilu 2024 secara damai dan tertib.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *