Komitmen Perkuat UMKM di Perbatasan, BNPP Gelar Bimtek Mengolah Nanas menjadi Produk Ekspor

Komitmen Perkuat UMKM di Perbatasan, BNPP Gelar Bimtek Mengolah Nanas menjadi Produk Ekspor
120x600
a

JAKARTA (otonominews.id) – Bertujuan untuk menggerakkan roda ekonomi di wilayah perbatasan, Badan Nasional Pengelola Potensi Kawasan Perbatasan () terus berkomitmen mendukung para pelaku usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang memiliki peran sentral dalam memajukan kawasan perbatasan.

Baru-baru ini, BNPP melangkah lebih jauh dengan mengimplementasikan komitmennya melalui program Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada pelaku UMKM di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan.

Pelatihan yang berlangsung pada tanggal 22 hingga 24 Maret 2023 tersebut tidak hanya menjadi acara rutin, melainkan sebuah tonggak bersejarah dalam penguatan kapasitas UMKM di wilayah tersebut.

Deputi Bidang Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Brigjen Pol Makhruzi Rahman menegaskan, bahwa Bimtek di Kabupaten Nunukan, khususnya di Kecamatan Krayan, merupakan langkah inspiratif untuk perubahan nyata. “Para pelaku UMKM di sana tidak hanya mendengarkan, tetapi juga terlibat aktif dalam mengubah nasib buah nanas mereka,” ujar Makhruzi Rahman.

Menurutnya, Kabupaten Nunukan memiliki potensi alam yang melimpah, salah satunya adalah buah nanas. Melalui Bimtek, buah nanas yang sebelumnya terbuang dan busuk, kini dapat diolah menjadi bahan baku utama untuk berbagai produk, mulai dari sirup, dodol, hingga kue keranjang.

*Ekspansi Pasar Internasional Melalui Kerjasama Solid*

Hasil dari semangat tinggi para pelaku UMKM di Krayan setelah menerima pelatihan tidak hanya terbatas pada konsumsi lokal. Mereka berhasil menembus pasar internasional, terutama di Malaysia, melalui jalur kerjasama yang solid. “Melalui kerjasama yang kokoh, produk UMKM dari Kabupaten Nunukan ini berhasil dijual hingga ke Malaysia,” ungkap Makhruzi Rahman dengan bangga.

r
Lihat Juga :  BNPP dan Kementerian/Lembaga Perkuat Kerja Sama Publikasi Kawasan Perbatasan Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *