Membuat Kue Mino, Atikoh Ganjar: Ada Perjuangan Panjang Agar Nikmat

Semua Tak Bisa Instan

Membuat Kue Mino, Atikoh Ganjar: Ada Perjuangan Panjang Agar Nikmat
Siti Atikoh membuat kue Mino di Banyumas, Jawa Tengah.
120x600
a
0 Shares

Banyumas, Otonominews.id – Istri Capres nomor urut tiga, , Supriyanti, melanjutkan safari politiknya ke Kampoeng Nopia Mino, Desa Wisata Pekunden, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023).

Atikoh berkesempatan untuk praktik membuat kuliner khas Banyumas mino mulai dari proses pengulenan hingga pembakaran. Mino adalah singkatan dari mini nopia. Sementara ada pula yang berukuran normal disebut nopia.

Ada dua juru masak yang mendampingi Atikoh mengolah adonan. Atikoh langsung memakai sarung tangan supaya adonan mino tetap terjaga kebersihannya.

Ia kemudian mengaduk adonan yang terbuat dari tepung terigu, gula pasir, dan minyak sayur. Adonan itu akan dijadikan kulitan mino. Sementara untuk isiannya dari campuran gula jawa dan air.

“Berproses ya. Semua harus melalui proses. Kita tahunya tinggal makan saja. Ternyata ada hasil karya dan kerja keras seseorang,” ujar Atikoh sembari mengisi kulitan mino dengan gula jawa.

Adonan kulitan tersebut lalu dibentuk bulat dan diberi isian di dalamnya sehingga membentuk seperti telur berukuran kecil.

Usai menguleni adonan, Atikoh kemudian beranjak menuju tempat pembakaran mino. Adonan mino yang yang sudah dibulatkan itu ditempelkan di dinding genthong (tungku), kemudian dibakar dengan kayu bakar sampai matang.

“Cara nempele (menempelnya), kepriwe (bagaimana)?,” tanya Atikoh kepada juru masak.

r
Lihat Juga :  Mardiono: Kader PPP Tidak Boleh Kecewa Jokowi Tidak Hadir di Harlah ke-51 PPP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *