Jika Kades Mampu Kelola dengan Baik, Presiden Jokowi Janji Bakal Naikkan Dana Desa

Jika Kades Mampu Kelola dengan Baik, Presiden Jokowi Janji Bakal Naikkan Dana Desa
Presiden Jokowi didampingi Mendes PDTT dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar di Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, Senin 8 Januari 2024.(Foto: Istimewa)
120x600
a

SERANG (Otonominews.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Desa Margagiri, Kecamatanan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, Senin 8 Januari 2024. Jokowi didampingi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Selain itu ada juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Forkompimda Provinsi Banten, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Kepala Desa Margagiri Ruhul Amin, dan ratusan kepala desa lain dari Kabupaten Serang, Lebak, Pandeglang, dan Tangerang.

Pada kesempatan itu Jokowi mengungkapkan, Pemerintah secara serius mengawasi pemanfaatan dana desa yang diluncurkan sejak 2015 lalu dengan menggandeng Kementerian/Lembaga terkait, salah satunya Kemendes PDTT.

Jokowi pun berjanji, bakal menaikkan dana desa yang akan diterima seluruh desa di Indonesia. Jika ditotal 75.259 kepala desa, akan dinaikkan dana desa jika mampu mengelolanya dengan baik sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah.

“Dana desa akan terus ditingkatkan jumlah rupiahnya. Dengan catatan dikelola dengan tata kelola yang baik, akuntabilitasnya baik,” kata Jokowi, dilansir dari laman resmi Kemendes PDTT, Senin (8/1/2024).

Jokowi menegaskan, semua tindak penyelewengan atau penggunaan dana desa yang menyalahi aturan ditindak secara tegas. Pemanfaatan dana desa, Jokowi menjelaskan, dapat berupa infrastruktur fisik maupun upaya meningkatkan kesejahteraan warga sesuai dengan prioritas yang ditetapkan setiap tahunnya sesuai kebutuhan.

r
Lihat Juga :  Haidar Alwi Ingatkan Pemerintah: Resesi Ekonomi Global Membahayakan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *