Berkat Usulan Megawati, NU dan Muhammadiyah Raih Zayed Award 2024

Pengumuman Pemenang Zayed Award 2024 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Berkat Usulan Megawati, NU dan Muhammadiyah Raih Zayed Award 2024
Prof. Dr(HC). Hj. Megawati Soekarnoputri mengusulkan NU dan Muhammadiyah hingga menjadi pemenang Zayed Award 2024.
120x600
a
0 Shares

Jakarta, Otonominews.id – Zayed Award for Human Fraternity (ZAHF) 2024 atau penghargaan Zayed untuk persaudaraan kemanusiaan diumumkan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Senin (5/2/2024).

Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum () sedianya akan ikut mengumumkan pemenang penghargaan.

Namun yang tak kalah penting, Ibu Megawati sangat bahagia dan bangga. Sekaligus mengucapkan selamat kepada Nahdlatul Ulama (NU) dan yang menerima penghargaan Zayed Award for Human Fraternity (ZAHF 2024).

Ketua bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah yang juga menjadi salah satu juri Zayed Award 2024 mengatakan, sejatinya Megawati ingin menghadiri secara langsung pengumuman pemenang Zayed Award 2024 tanggal 5 Februari 2024 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Namun, meskipun tak bisa hadir secara langsung, Megawati, kata Basarah, menyambut gembira pelaksanaan penganugerahan Zayed Award tersebut kepada para pemenangnya.

“Ibu Megawati sejak awal menjadi juri ZAHF sudah mempromosikan dan menjelaskan peran dan sumbangsih Muhammadiyah dan NU dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dan menanamkan nilai-nilai persamaan hak antarwarga negara, persaudaraan kemanusiaan dan kebangsaan serta toleransi kehidupan antarumat beragama di Indonesia dan juga di forum-forum dunia,” kata Basarah.

“Ibu Megawati menyampaikan ucapan selamat kepada keluarga besar NU dan Muhammadiyah. Semoga kedua lembaga terus ikut berperan dalam menjaga persaudaraan, kemanusiaan dan perdamaian. NU dan Muhammadiyah selalu menjaga solidaritas, mendukung keberagaman serta memiliki peran aktif di dunia pendidikan,” urai Basarah.

Selain Megawati, untuk Zayed Award 2024 juri lainnya adalah Kardinal Leonardo Sandri (Prefect Emeritus of the Holy See Dicastery for Oriental Churches), Rebeca Grynspan Mayufis (Secretary General of the United Nation Conference on Trade and Development/UNTAC), Mantan Director General of UNESCO Irina Bokova. Lalu, Rabbi Abraham Cooper (Chair of the US Commission on International Religious Freedom) dan Mohamed Abdelsalam (Secretary General of Zayed Award for Human Fraternity and Secretary General of the Muslim Council of Elders).

Lihat Juga :  KemenPANRB Matangkan Rencana Peluncuran INA Digital

Basarah mengatakan dirinya bersama Zuhairi Misrawi menyaksikan secara langsung dalam beberapa kali rapat virtual bahkan saat rapat fisik Dewan Juri di Roma, Italia, Desember 2023 lalu, Megawati konsisten memperjuangkan agar kedua lembaga tersebut mendapat Zayed Award.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *