Dalam demokrasi berlaku One Man One Vote. Satu warga satu suara. Berarti suara wong cilik itu enam kali lebih banyak dibandingkan suara wong gede, kalangan terpelajar.
Ini pesan politik baru yang pertama. Pesan politik kedua menjawab pertanyaan: bagaimana mendengar suara 204 juta pemilih dari Aceh sampai Papua. Suara mereka juga dinamis.
Telah datang revolusi ilmu pengetahuan. Suara mereka bisa diketahui melalui sampel, melalui statistik. Suara 204 juta pemilih itu bisa diketahui hanya dengan 1200 saja responden saja.
Survei opini publik telah datang. Ia anak kandung dari demokrasi. Tak ada demokrasi tanpa lembaga survei. Suara 204 juta pemilih dapat diketahui cepat sekali, setiap 2 minggu.
Tapi survei hanyalah Side A dari kerja untuk menjadi presiden. Hanya sebagian. Survei membaca opini publik. Yang tak kalah penting justru side B nya: mengubah opini publik. Inilah peran konsultan politik. Capres hanya mungkin menang jika opini publik bisa dipengaruhi untuk lebih mendukung capres itu.
“Peran politik baru sudah kita buktikan di lima kali pemilu presiden. Sejak 2004- 2024, siapa yang menjadi presiden, sudah LSI Denny JA umumkan seminggu sebelumnya,” ujar Denny.
Contohnya pemilu 2024. Lihat jejak digitalnya. Tujuh hari sebelum hari pencoblosan, LSI Denny JA sudah mengumumkan Prabowo akan menang dengan interval tertinggi sekitar 58 persen. Ganjar bisa mendapatkan interval terendah sekitar 16 persen.
“Angka itu terbukti enam hari kemudian dalam Quick Count semua lembaga dari Kompas, CSIS, Indikator hingga LSI Denny JA sendiri. Real Count KPU nanti tak akan banyak beda. Inilah science dalam politik. Inilah politik era baru, yang memasukkan science dalam pertarungan demokratis,” kata Denny.
Ketika menerima The Legend Award, berhasil memenangkan Pilpres lima kali berturut- turut, Denny JA juga membuat disclaimer.
Menurut Denny JA, yang paling berperan atas kemenangan Prabowo- Gibran adalah Tritunggal: Prabowo- Gibran, dan Jokowi. Juga sangat berperan Tim sukses yang dipimpin Rosan. Juga berpengaruh Tim khusus yang dipimpin Bahlil.
LSI denny JA berperan di belakang memberi panduan awal. Walau selaku konsultan, LSI Denny JA juga menggelar door to door langsung ke rumah penduduk di 28 kabupaten battle ground. Ia juga melakukan tebar Billboard di bandar besar dan marketing di medsos.
Di akhir pernyataannya, Denny JA menegaskan pesan kuat bahwa di balik keberhasilannya memenangkan presiden lima kali berturut- turut karena ampuhnya strategi politik yang dibuat berdasarkan riset dan data.[***]