Menag Yaqut Paparkan Persiapan Haji 2024 pada Raker Komisi VIII DPR RI

Menag Yaqut Paparkan Persiapan Haji 2024 pada Raker Komisi VIII DPR RI
Ilustrasi jamaah haji Indonesia.(Foto: Istimewa)
120x600
a
0 Shares

“Proses rekruitmen tenaga pendukung PPIH Arab Saudi dari unsur warga negara Indonesia yang tinggal di Arab Saudi dan unsur mahasiswa Timur Tengah sudah selesai dilaksanakan,” lanjut Gus Men.

Dalam rangka mendukung penyelenggaraan haji ramah lansia, Gus Men mengatakan telah dilakukan langkah-langkah mitigasi seperti melakukan screening kesehatan sebagai syarat pelunasan, memberikan kesempatan pelunasan bagi pendamping jemaah haji lansia pada pelunasan tahap kedua, menyiapkan fasilitas ramah lansia sejak di dalam negeri sampai dengan di Arab Saudi, menyiapkan sajian khusus bagi jemaah haji lansia, dan menyiapkan petugas khusus.

“Penyedia layanan transportasi udara sudah ditetapkan dengan dua maskapai penerbangan, yaitu PT Garuda Indonesia yang rencananya mengangkut 109.072 jemaah dan Saudia Airlines yang rencananya mengangkut 106.993 jemaah melalui 13 embarkasi,” jelas Gus Men.

“Penyiapan akomodasi di Makkah dan Madinah telah selesai. Tahapan selanjutnya adalah melakukan konfigurasi penempatan setelah selesainya proses pelunasan Jemaah Haji,” lanjutnya.

Terkait konsumsi, Gus Men mengatakan, penyiapan konsumsi sedang dalam tahap penyelesaian untuk 27 kali makan di Madinah, 84 kali makan di Makkah dan 15 kali makan ditambah 1 kali snack berat di Masyair. Adapun layanan konsumsi di bandara Jeddah dialihkan ke Makkah sesuai dengan keputusan Panitia Kerja BPIH.

“Penyiapan layanan transportasi bus shalawat telah dilakukan kontrak dan telah disusun halte dan terminal untuk memudahkan layanan transportasi kepada jemaah haji selama di Makkah. Sedangkan untuk layanan antar kota dalam proses penyelesaian,” ungkap Gus Men.

“Kami sampaikan terima kasih kepada pimpinan dan Anggota Komisi VIII DPR-RI yang terhormat atas perhatian dan dukungannya selama ini kepada pemerintah, khususnya dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi amal dan pengabdian kita. Amin,” tutup Gus Men.

r
Lihat Juga :  Kunjungan ke Kawasan IKN Nusantara, Presiden Jokowi Groundbreaking Gedung BPJS Kesehatan dan Tinjau Pembangunan Kantor Presiden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *