Ragam  

Masih Ada Gagal Paham soal Edaran Pengeras Suara di Masjid, Ini Penjelasan Kemenag

Masih Ada Gagal Paham soal Edaran Pengeras Suara di Masjid, Ini Penjelasan Kemenag
Ilustrasi pengeras suara di masjid.(Foto: Istimewa)
120x600
a

“Tidak ada larangan penggunaan pengeras suara di masjid dan musalla. Syiar Islam harus didukung. terbitkan edaran untuk mengatur penggunaan pengeras suara dalam dan pengeras suara luar,” tegas Anna.

“Bahkan, edaran ini secara tegas menyebutkan bahwa pembacaan Al-Quran sebelum azan dan juga saat azan, dapat menggunakan pengeras suara luar,” sambungnya.

Edaran ini, lanjut Anna, disusun semata untuk mewujudkan ketenteraman, ketertiban, dan kenyamanan bersama dalam syiar di tengah masyarakat yang beragam, baik agama, keyakinan, latar belakang, dan lainnya. Masyarakat diimbau untuk membaca dengan teliti dan memahami edaran Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

Anna menerangkan, bahwa suara yang dipancarkan melalui pengeras suara perlu juga diatur dengan memperhatikan kualitas dan kelayakannya, suara bagus atau tidak sumbang, serta pelafalannya juga baik dan benar.

Ia menambahkan, bahwa ketentuan ini juga didukung banyak pihak, termasuk NU, Muhammadiyah, Dewan Masjid Indonesia, dan Komisi VIII .

“Ini juga bukan edaran baru, sudah ada sejak 1978 dalam bentuk Instruksi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor Kep/D/101/1978. Di situ juga diatur bahwa saat Ramadan, siang dan malam hari, bacaan Al-Qur’an menggunakan pengeras suara ke dalam,” pungkasnya.

r
Lihat Juga :  Salurkan 130 Paket Sembako, Loka Supermarket dan Human Initiative Berkolaborasi Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *