Bebani Rakyat, Kenaikan Tarif Tol Japek dan Jalan Layang MBZ Tidak Transparan

Bebani Rakyat, Kenaikan Tarif Tol Japek dan Jalan Layang MBZ Tidak Transparan
Anggota DPR RI dari Komisi VI, Fraksi PKS, Nevi Zuairina
120x600
a

JAKARTA, otonominews.id – Kebijakan Pemerintah yang baru-baru ini meningkatkan tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) dinilai sebagai langkah yang kurang tepat.

Anggota DPR RI dari Komisi VI, Fraksi PKS, Nevi Zuairina menyayangkan kebijakan pemerintah yang menaikkan tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ). Pasalnya, kenaikan ini akan membebani masyarakat, terlebih kondisi ekonomi kita saat ini masih belum pulih total akibat pandemi COVID-19 dan mendekatnya Hari Raya Idul Fitri.

Politisi PKS ini menyoroti dampak langsung dari kenaikan tarif tol ini terhadap biaya transportasi dan distribusi logistik, yang secara tidak langsung akan menyebabkan naiknya harga barang dan jasa.

“Ini sangat membebani masyarakat, terutama mereka yang berada di lapisan bawah, dan dapat meningkatkan potensi terjadinya tindakan kriminal akibat tekanan ekonomi yang semakin bertambah,” tegas Nevi, Jumat (22/3/2024).

Lebih jauh, Legislator asal Sumatera Barat II ini berargumen bahwa kenaikan tarif ini tampaknya lebih didorong oleh keinginan untuk meningkatkan keuntungan semata.

“Mengingat jalur tol yang terkait sudah cukup menghasilkan profit dan dijalankan oleh perusahaan-perusahaan yang berada dalam kondisi finansial yang sehat,” pungkasnya.

Pandangan ini, imbuhnya, diperkuat dengan adanya pengumuman kenaikan tarif yang tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan awal yang memadai kepada masyarakat, yang dinilai sebagai langkah yang tidak transparan dan menunjukkan sikap tidak peduli terhadap kepentingan publik.

Anggota Badan Anggaran ini memberi pandangan bahwa cara pengumuman dan pelaksanaan kenaikan tarif yang dilakukan pemerintah, yang dinilainya sebagai tindakan yang merugikan pengguna jalan tol karena tidak memberikan mereka waktu untuk menyesuaikan atau bahkan menyampaikan pendapat mereka terhadap keputusan tersebut.

r
Lihat Juga :  Ahli Maritim: Pengerukan Pasir Laut Berpotensi Merusak Ekosistem Pesisir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *