Perlu Langkah Strategis dalam Meningkatkan Produktivitas Beras

Perlu Langkah Strategis dalam Meningkatkan Produktivitas Beras
120x600
a

JAKARTA, otonominews.id – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini menyatakan, Perlu ada langkah strategis untuk meningkatkan produksi beras lokal agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Diketahui, beberapa waktu ini, harga beras melonjak tinggi. Bahkan kenaikan itu merupakan yang tertinggi dalam sejarah.

Selain disebabkan pengaruh perubahan iklim (El Nino) yang menyebabkan musim tanam mundur, penurunan produksi juga diakibatkan adanya konversi lahan pertanian khususnya lahan sawah ke penggunaan non-pertanian di sentra-sentra produksi padi terutama di Jawa.

“Karena produksi beras kita hari ini tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, jadi harus ada kebijakan. Sekarang juga banyak tanah pertanian dipakai untuk hunian. Selain itu untuk benih ini harus memang yang berkualitas sehingga memotivasi para petani, untuk panen tidak perlu lama dan sekali panen menghasilkan yang lebih banyak. Lalu teknologi yang efisien harus mulai diperkenalkan,” kata Anggia dikutip dari laman resmi DPR RI, Senin (1/4/2024).

Saat Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR ke Kompleks Pergudangan Bulog di Sangiang, Kabupaten Tangerang, Politisi F-PKB ini menambahkan, termasuk juga ketersediaan pupuk, sudah ada informasi dari kalau ada bantuan tambahan anggaran senilai Rp28 triliun sehingga total menjadi Rp54 triliun, demi peningkatan produktivitas pertanian dalam negeri.

r
Lihat Juga :  Digelar di Semarang, Konsep Rakernas Kemenag 2024 Berbeda dari Tahun Sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *