Amicus Curiae Hasil Pilpres 2024 Terus Bergulir, Begini Penjelasan MK

Amicus Curiae Hasil Pilpres 2024 Terus Bergulir, Begini Penjelasan MK
Front Persaudaraan Islam, Habaib-Ulama dan Tokoh Madura Jawa Timur menyampaikan Amicus Curiae diterima langsung oleh Kepala Bidang Kehumasan Immanuel Hutasoit di Gedung MK, pada Jumat (19/4).(Foto: Humas MKRI)
120x600
a
0 Shares

JAKARTA Otomominews.id – Amicus Curiae, saat ini tengah menjadi topik pembicaraan, terkait perkaran hasil , yang kini tengah ditangani oleh Mahkamah Konstitusi ().

Dilansir dari laman resmi MKRI, Jumat 19 April 2024, Untuk diketahui, Amicus Curiae adalah sebuah istilah latin yang berarti Friend of The Court atau Sahabat Pengadilan.

Amicus Curiae merupakan pihak yang memiliki perhatian khusus terhadap suatu perkara yang sedang ditangani oleh pengadilan. Keterlibatannya sebatas memberikan opini terhadap perkara tersebut.

Penyampaian Amicus Curiae ini disertai pendapat atau opini terhadap perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 yang sedang ditangani hakim konstitusi.

Kepala Biro Hukum dan Administrasi Kepaniteraan MK Fajar Laksono menjelaskan, tindak lanjut atas Amicus Curiae ini menjadi otoritas hakim sepenuhnya, untuk dipertimbangkan atau tidak dalam memutus perkara.

Amicus Curiae menjadi kesempatan untuk masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya atas perkara yang ditangani di MK, khususnya pada PHPU kali ini.

“Ada banyak kemungkinan posisi Amicus Curiae ini. Bisa saja mungkin dipertimbangkan seluruhnya dalam pengambilan keputusan. Atau mungkin dalam pembahasan dipertimbangkan sebagian atau mungkin tidak dipertimbangkan sama sekali karena dianggap tidak relevan. Ini betul-betul otoritas hakim konstitusi,” jelas Fajar.

Majelis Hakim, lanjut Fajar, menyepakati Amicus Curiae yang akan dipertimbangkan ialah Amicus Curiae yang diterima MK pada 16 April 2024 pukul 16.00 WIB. Hal ini sejalan dengan tenggat waktu penyerahan kesimpulan Pemohon, Termohon, Pihak Terkait, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) pada 16 April 2024 pukul 16.00 WIB.

Meskipun begitu, MK tidak bisa menolak permohonan Amicus Curiae yang disampaikan setelah tanggal tersebut.

Lihat Juga :  Mendagri Dijadwalkan Jadi Inspektur Apel HUT Satpol PP dan Satlinmas Tingkat Nasional di Sumbar

Masih dijelaskan Fajar, pihak-pihak yang mengajukan diri menjadi Amicus Curiae, antara lain Djafar Shodiq Zaini yang mewakili habib-ulama dan tokoh Madura Jawa Timur.

Menurut Djafar, pengajuan Amicus Curiae tersebut sebagai upaya menyelamatkan masa depan bangsa dan negara dari ancaman kehancuran demokrasi, disintegrasi bangsa, dan rusaknya sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemudian, ada Irma Apriliana dan Farah Aulia dari perwakilan Kelompok Solidaritas Pemilih TPS 073 Kelurahan Pondok Cabe yang memberikan pendapat dan sikap kepada para hakim konstitusi atas perkara PHPU Presiden Tahun 2024 melalui pengajuan Amicus Curiae.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *