Buka Musrembangnas 2024, Presiden Jokowi Sentil Pemda yang Tidak Tindaklanjuti Program dari Pusat

Musrembangnas 2024.
Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) buka Musrembangnas 2024 yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024)/Panrb.
120x600
a
0 Shares

JAKARTA, OTONOMINEWS.ID – Presiden Joko Widodo () menyentil pemerintah daerah () agar tidak hanya bisa mengucapkan syukur saja terhadap setiap proyek atau serta kebijakan yang dijalankan pemerintah pusat di wilayah mereka.

Tapi juga meminta agar Pemda juga memiliki inisiatif untuk menjaga dan mengembangkan berbagai proyek, pembangunan dan kebijakan yang dilakukan pemerintah pusat tersebut, agar manfaatnya bisa lebih dirasakan lagi oleh masyarakatnya.

Pernyataan ini disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas 2024) yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi kemudian mempertanyakan apa tugas pemerintah daerah jika semua diurus pemerintah pusat.

Presiden Jokowi pun mencontohkan beberapa pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat tapi tidak ditindak lanjuti oleh Pemda.

“Waduk misalnya, bukan hanya untuk pertanian saja tapi untuk air baku, tapi yang terjadi waduknya selesai sambungan ke rumah tangganya yang belum. Kenapa belum? Karena PDAM-nya selalu rugi jadi nggak mampu bangun sambungan ke rumah warga. Mestinya itu di-support oleh APBD, dari daerah,” kata Jokowi.

Contoh lainnya, lanjut Presiden Jokowi, Pemerintah pusat bangun bendungan, jadi. Bangun lagi irigasi primernya, jadi. Tapi irigasi sekunder dan tersier sampai ke sawah tidak dikerjakan, airnya nggak sampai ke sawah yang kita miliki.

r
Lihat Juga :  Presidium Gerakan Rakyat Sulsel: Pemilu adalah Momentum Advokasi Kebijakan Publik Skala Besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *