RDF Plant Rorotan Menjadi Tempat Pengolahan Sampah Terbesar di Dunia

RDF Plant Rorotan Menjadi Tempat Pengolahan Sampah Terbesar di Dunia
Pj Gubernur Heru saat membuka Groundbreaking Pembangunan RDF Plant di Rorotan/Foto: Dok. Pemprov DKI
120x600
a
0 Shares

JAKARTA, OtonomiNEWS.ID – Penjabat (Pj) Gubernu DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama jajaran Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta melakukan groundbreaking pembangunan fasilitas pengolahan sampah Refuse Derived Fuel (RDF) Plant Jakarta di Rorotan, Jakarta Utara, pada Senin, (12/5).

Pj Gubernur Heru menegaskan, RDF Plant ini nantinya merupakan salah satu fasilitas pengolahan sampah menjadi RDF yang terbesar di dunia.

“Kapasitas pengolahan sampah pada fasilitas ini mampu mengolah 2.500 ton sampah/hari, serta akan menghasilkan produk berupa RDF atau bahan bakar alternatif sebanyak 875 ton/hari. Fasilitas ini akan menjadi salah satu yang terbesar di dunia,” tegas Pj Gubernur Heru dalam keterangan tertulis di Jakarta.

RDF Plant Jakarta dibangun di atas tanah milik seluas 7,87 hektar yang berlokasi di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Pj Gubernur Heru menyebut, saat ini Jakarta harus memprioritaskan pengelolaan sampah dalam kota agar beban Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang makin berkurang.

RDF Plant Rorotan Menjadi Tempat Pengolahan Sampah Terbesar di Dunia
Groundbreaking Pembangunan RDF Plant di Rorotan/Foto: Dok.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini menambahkan, anggaran untuk membangun fasilitas kelas dunia ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov DKI Jakarta Tahun 2024. Menurut rencana, fasilitas RDF Plant Jakarta ini akan beroperasi pada 2025 dan diharapkan bisa beroperasi untuk menopang pengelolaan sampah dari hulu ke hilir di dalam kota Jakarta.

r
Lihat Juga :  Revolusioner! Ketum Korpri Prof Zudan Ajak 4,4 Juta ASN jadi Orang Tua Asuh Bayi Stunting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *