Bandara di IKN Beroperasi 1 Agustus 2024, Menhub Budi Karya Pindah Sebelum Juli

Bandara di IKN Beroperasi 1 Agustus 2024, Menhub Budi Karya Pindah Sebelum Juli
Bandara di IKN Nusantara saat digroundbreaking oleh Presiden Jokowi tahun 2023 lalu.(Foto: Istimewa)
120x600
a
0 Shares

JAKARTA Otonominews.id – Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diberikan misi khusus pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim), yakni mempersiapkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN.

Kedua kementerian ini akan berkolaborasi membangun bandara di IKN. Kemenhub bertanggung jawab pada pembangunan terminal dan fasilitas penunjang lainnya, sementara Kementerian PUPR bertanggung jawab membangun landas pacunya.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI), Curug, Kecamatan Legok, Tangerang, Banten, Sabtu 25 Mei 2024.

Menhub mengatakan akan pindah ke IKN mulai bulan Juni mendatang, sejalan dengan rencana pengoperasian bandara di IKN yang ditargetkan pada 1 Agustus 2024.

Selama masa persiapan beroperasinya bandara itu, kata Menhub, ia sudah harus ada di IKN.

“Kan 1 Agustus [bandara IKN] berfungsi, saya mungkin sebelum 1 Juli saya sudah di sana. Karena saya mengawal pembangunan bandara, penyediaan EV (electric vehicle) yang ada di sana dan yang terakhir kita akan mencoba ART (autonomous rail rapid transit) untuk menguji di sana,” kata Budi di Tangerang, Banten, Sabtu (25/5/2024).

r
Lihat Juga :  Bertemu Ribuan Massa di Lampung Selatan, Atikoh Ganjar: Perempuan Kuat, Indonesia Hebat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *