Jadi Tuan Rumah CMC 2024, Pj Heru: Ini Sebuah Kehormatan dan Kesempatan Bagi Jakarta

Crisis Management Conference/CMC (Konferensi Manajemen Krisis)

Jadi Tuan Rumah CMC 2024, Pj Heru: Ini Sebuah Kehormatan dan Kesempatan Bagi Jakarta
Pj Heru saat menyambut Konferensi Manajeman Krisis 2024/Foto: Dok. Pemprov DKI
120x600
a

“Pada pertemuan ini, diharapkan agar apa yang sudah dilakukan Jakarta dapat menjadi inspirasi bagi kota-kota lainnya, serta Jakarta juga dapat belajar dari kota-kota lain. Sehingga konferensi ini memicu pertukaran best practices dan kerja sama antarkota dunia demi bumi sebagai rumah yang layak huni bagi kita semua,” imbuh yang juga Kepala Sekretariat Presiden ini.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Dalam Negeri Suhajar Diantoro menuturkan, perubahan iklim bukan lagi ancaman, melainkan keadaan faktual yang kini tengah terjadi. Seperti kejadian-kejadian bencana yang melanda dunia saat ini, di mana banyak bencana yang terjadi namun tidak terprediksi. Contohnya, kejadian langka seperti tornado yang menerjang Sumedang dan Bandung hingga banjir besar di Uni Emirat Arab baru-baru ini.

“Bapak Presiden berpesan agar kita hati-hati terhadap ancaman perubahan iklim yang kian nyata dan sudah dirasakan semua negara di bumi ini. Misalnya, suhu bumi yang semakin panas, cuaca juga semakin panas, kekeringan terjadi di mana-mana, bukan hanya di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Suhajar, untuk mengatasi hal itu, salah satunya adalah ketegasan untuk membangun ekonomi hijau dalam pembangunan berkelanjutan ke depannya. Untuk itu, perlu komitmen dari semua pihak dalam melakukan transisi dari aktivitas usaha dan pembangunan berbasis ekonomi regular menuju ekonomi hijau.

Sekedar informasi, konferensi ini juga dihadiri oleh Tenaga Ahli Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Suhajar Diantoro; Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati; Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin; Deputi Gubernur Kota Bangkok, Tavida Kamolvej; Direktur C40 Regional Asia Timur, Asia Tenggara dan Oseania, Milag San Jose-Ballesteros; serta Chief, Disaster Preparedness Division/Deputy Chief, Tokyo Fire Department, Koga Takashi, yang mewakili Sekretariat Network for Crisis Management (NCM).

Lihat Juga :  Dharwa Wanita Persatuan Lima Puluh Kota Sosialisasi Penyakit Tak Menular

Untuk diketahui, CMC 2024 merupakan konferensi manajemen penanganan bencana yang dilaksanakan secara tahunan oleh Network for Crisis Management (NCM). Acara ini mengundang kota-kota anggota NCM dan kota-kota pengamat di Asia dan seluruh dunia untuk berdiskusi, bertukar praktik terbaik, dan menjalin jejaring kerja sama di bidang mitigasi dan penanggulangan bencana. Dengan mengangkat tema “Strengthening Disaster Resilience in Global City”, konferensi ini mendorong pertukaran pengetahuan, pengalaman, praktik terbaik, serta bekerja sama mendukung pembangunan kota yang berketahanan. (Mega)

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *