Hasto: Setelah Merdeka, Kini Hukum Sering Kali Ditunggangi

Negara Masuk Era Kegelapan

Hasto: Setelah Merdeka, Kini Hukum Sering Kali Ditunggangi
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat berpidato di Sekolah Hukum PDIP (foto: tim media PDIP/MS-MJS, Ist.)
120x600
a
0 Shares

JAKARTA, OTONOMINEWS.ID – Sekretaris Jenderal () menyebut penegakan hukum era sekarang atau setelah Indonesia merdeka, masih tidak lebih baik dari masa kolonial dan Orde Baru.

Buktinya, jika Soekarno dan Megawati saja masih boleh didampingi penasihat hukum ketika menghadapi pemeriksaan, namun di masa kini pemeriksaan bisa dilakukan tanpa didampingi.

Dia berkata demikian saat menjadi pembicara acara Sekolah Hukum yang diikuti oleh seluruh calon anggota DPR RI, DPRD Provinisi dan DPRD Kabupaten/Kota terpilih 2024 Dapil DKI Jakarta di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Guru Besar Hukum Tata Negara Prof. Mahfud Md menjadi pembicara utama dalam Sekolah Hukum pada Jumat ini.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PDIP Prof. Dr. (HC) turut mengikuti Sekolah Hukum PDI Perjuangan melalui daring.

Awalnya, Hasto mengatakan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri masih didampingi pengacara ketika menghadapi persoalan hukum era Orde Baru.

Begitu juga penegakan hukum era kolonial yang memberi kesempatan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno ditemani pengacara ketika berurusan dengan aparat.

“Ketika Bu Megawati berjuang, mengadapi pemerintahan yang otoriter, di mana saat itu, Bu Megawati masih bisa didampingi pengacara. Bung Karno, meskipun hukum kolonial, masih bisa didampingi penasihat hukumnya, Itu banyak dokumennya,” kata Hasto, Jumat.

r
Lihat Juga :  Sekjen Hasto Door to Door Bareng Aktivis Repdem: Masif Pasang Stiker Ganjar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *