Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Pelaksanaan Ibadah Haji Indonesia 2024

Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Pelaksanaan Ibadah Haji Indonesia 2024
Ketua MPR RI Bamsoet menerima kunjungan Menag Yaqut Cholil Qoumas/mpr ri
120x600
a
0 Shares

 
JAKARTA, OTONOMINEWS.ID – Bambang Soesatyo mengapresiasi kinerja Kementerian Agama () dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 1445H/2024 M. Apresiasi tersebut disampaikan politisi yang akrab disapa tersebut saat menerima Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Kamis (27/6/24).

Menurut Bamsoet, berbagai inovasi dan perbaikan layanan haji yang dilakukan oleh Kemenag membuat pelaksanaan ibadah haji tahun ini lebih baik dan tertata dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

“Berbagai langkah dan terobosan yang dilakukan Kemenag  dalam melayani jamaah haji Indonesia tahun ini patut kita apresiasi. Mulai dari program haji ramah Lansia, penyediaan konsumsi tiga kali sehari selama jamaah haji di Mekah, penambahan layanan fast track pada embarkasi Jakarta, Solo dan Surabaya, serta peningkatan layanan kesehatan, transportasi, akomodasi, dan perlindungan jemaah haji,” katanya. 

“Masih adanya beberapa hal yang harus diperbaiki pada musim haji tahun depan, harus menjadi catatan penting Kemenag,” tambah Wakil Ketua Umum Partai Golkar tersebut. 

Ketua DPR RI ke-20 ini juga mengungkapkan bahwa dalam ibadah haji tahun ini jumlah jemaah haji yang berangkat merupakan yang terbanyak dalam sejarah ibadah haji Indonesia. 

Tercatat Indonesia mendapatkan kuota jemaah haji dengan jumlah total 241.000 kuota haji. Terdiri dari 213.320 jemaah dan 27.680 jemaah haji khusus.

“Awalnya kuota haji Indonesia tahun 1445H/2024 M sebanyak 221.000 jemaah. Berkat lobi-lobi yang dilakukan pemerintah akhirnya pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan kuota haji Indonesia sebesar 20.000 jemaah. Dimana sebanyak 10.000 kuota dipakai bagi jemaah haji reguler dan 10.000 lainnya untuk jemaah haji khusus. Sehingga total jemaah haji Indonesia tahun ini menjadi 241.000 orang,” papar Bamsoet.

Lihat Juga :  Dilepas Hari Ini, Pemprov DKI Berikan Pelayanan Terbaik Ratusan Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Jakarta

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini juga memaparkan, salah satu langkah inovasi yang dilakukan oleh Kemenag dalam ibadah haji tahun ini adalah skema murur. 

Melalui skema murur jemaah haji dari Arafah yang hendak menuju Muzdalifah dan melanjutkan ke Mina untuk mabit/menginap, akan tetapi melintasi Muzdalifah, tetapi tanpa mabit. 

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *