Di Indonesia Maju Expo and Forum 2024, Dukcapil Hadirkan Wajah Layanan Mudah dan Cepat

Di Indonesia Maju Expo and Forum 2024, Dukcapil Hadirkan Wajah Layanan Mudah dan Cepat
120x600
a

JAKARTA.OTONOMINEWS.ID – Kementerian Dalam Negeri baru saja usai menyelenggarakan Indonesia Maju Expo dan Forum selama 4 hari sejak 4-7 Juli 2024. Even yang sudah digelar untuk keempat kali itu dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Tomsi Tohir, di Assembllly Hall Jakarta Convention Center Senayan, Kamis (4/7/2024).

Sekjen Tomsi Tohir mengatakan, Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 menampilkan wajah serta suasana yang baru berkaitan dengan beragamnya produk Indonesia. “Tentunya, suatu kebahagiaan tersendiri di mana kita bisa bersama-sama melihat bahwa betapa banyak, betapa majunya produk-produk kita, dan tentunya nantinya akan besar karena kita,” kata Tomsi yang hadir mewakili Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Acara ini diharapkan mampu memajukan berbagai produk dalam negeri yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari. Tomsi menekankan, produk-produk dalam negeri tidak kalah kualitasnya dengan barang dari luar negeri.

Dia menambahkan, produk dalam negeri bakal besar lantaran peran dari masyarakat yang banyak menggunakannya. “Sebaliknya jika masyarakat selalu berpikir barang “branded” buatan luar negeri, maka pemikiran ini tidak akan mendukung gerakan cinta produk Indonesia,” katanya.

Tak kurang terdapat 100 peserta expo yang berasal dari berbagai sektor, seperti dari kementerian, lembaga pemerintah, pemerintah daerah, BUMN dan BUMD, swasta, lembaga non-pemerintahan, asosiasi, serta pelaku UMKM.

Ditjen Kemendagri membuka booth di arena expo yang banyak menguras perhatian pengunjung. Sebab, stand Dukcapil Kemendagri melayani rekam dan cetak KTP-el dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi pengunjung dari seluruh Indonesia.

“Selain itu kami juga melayani cetak KTP-el yang rusak atau hilang serta bisa juga ganti foto KTP-el. Jadi kalo foto lama belum berhijab sekarang mau ganti KTP karena sudah berhijab kami layani,” kata Perencana Ahli Muda dari Bagian Perencanaan Setditjen Dukcapil, Zainudin di lokasi.

Lihat Juga :  Pemkab Lima Puluh Kota Teken Kerjasama dengan Kemenag untuk Layanan Prima Pencari Keadilan

Semua pengunjung yang datang dan minta dilayani urusan administrasi kependudukannya dilakukan dengan cepat oleh petugas yang ada. “Untuk IKD cukup 2 menit hingga selesai aktivasi, ganti foto KTP-el tidak sampai 5 menit selesai,” kata Ahmad Ridwan dari Direktorat Dafdukcapil yang turut hadir di booth Ditjen Dukcapil.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *