Relawan ABS: Safaruddin Sukses Tingkatkan IPM Kabupaten Lima Puluh Kota

Tiga Tahun Kepemimpinan Safaruddin Dt. Bandaro Rajo

Relawan ABS: Safaruddin Sukses Tingkatkan IPM Kabupaten Lima Puluh Kota
120x600
a

LIMA PULUH KOTA, OTONOMINEWS.ID – Kerja keras Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo di bidang pendidikan dan kesehatan sejak tiga tahun terakhir, berhasil meningkatkan capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Limapuluh Kota dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, ketika Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo dilantik pada tahun 2021, IPM Limapuluh kota hanya berada pada kisaran angka 69,68 persen.

Namun capaian IPM yang diukur lewat sejumlah indikator itu, terus mengalami peningkatan signifikan dari 70,28 persen pada tahun 2022,menjadi 70,70 persen di akhir tahun 2023.

Ketua Aliansi Bersama Safaruddin (ABS), Anwar Anshori mengatakan, peningkatan IPM Kabupaten Limapuluh Kota itu, mengindikasikan kepemimpinan Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo berhasil menciptakan kemajuan dan perubahan bagi Luhak Nan Bungsu.

“Kenaikan IPM sebesar 1,23 persen dalam kurun waktu tiga tahun cukup membanggakan. Sebab faktanya, sejak pertama kali dilantik Bupati Safaruddin sudah langsung dihadapkan dengan situasi luar biasa sulit. Yaitu pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menurut Anwar, kemunculan wabah pandemi Covid-19 lalu, bertepatan dengan dimulainya masa jabatan Bupati Safaruddin di Kabupaten Limapuluh Kota. Oleh karena itu, pola penganggaran keuangan daerah lebih diarahkan bagi program penanggulangan dan pengendalian pandemi.

Refocusing anggaran itu, akhirnya membuat berbagai program serta posko anggaran strategis yang telah dirancang, terpaksa harus dipangkas sedemikian rupa. Sementara di sisi lain, pergerakan ekonomi masyarakat dan daerah terus mengalami pelemahan karena terdampak pandemi.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *