Kemendagri Minta Semua OPD Mampu Ciptakan Inovasi untuk Meningkatkan Layanan Publik

Kemendagri Minta Semua OPD Mampu Ciptakan Inovasi untuk Meningkatkan Layanan Publik
Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pengukuran Indeks Inovasi Daerah (IID) dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2024 di Hotel Wisata Baru, Serang, Banten, Rabu (17/7/2024)/Puspen Kemendagri. 
120x600
a

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto juga menegaskan bahwa adalah kunci untuk mencapai pemerintahan yang efektif dan efisien. Dengan adanya inovasi di berbagai sektor, kualitas pelayanan akan meningkat secara signifikan. 

Selain itu, inovasi juga dapat menjadi solusi untuk berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah daerah.

“Tidak ada satu unit kerja yang didesain sempurna untuk menyelesaikan tugasnya, selalu kerja sama dengan OPD yang lain. Kita perlu tekankan agar inovasi kita adalah membangun kolaborasi misalnya dinas kesehatan dengan dinas UMKM,” tambah Yusharto Huntoyungo. 

Dirinya juga membeberkan sejumlah strategi untuk meningkatkan inovasi di seluruh OPD secara lebih seimbang. Salah satu strategi yang dia sarankan adalah  memperbaharui inovasi yang sudah diterapkan lebih dari 2 tahun. Upaya ini kerap disebut replikasi inovasi. 

“Ada satu daerah yang inovasinya sudah dicatat sekitar 1300 inovasi, karena dari waktu ke waktu dia terus lakukan renewing untuk inovasi yang sudah ditetapkan tiga tahun sebelumnya,” tandas Yusharto Huntoyungo.

r
Lihat Juga :  Pentingnya Pengelolaan Persampahan Daerah, Kemendagri Gelar Rakor Pusat dan Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

f j