Rakor dengan Kepala Daerah se-Jabar, Mendagri Tito Sampaikan Kisi-Kisi Cara Meningkatkan PAD

Rakor dengan Kepala Daerah se-Jabar, Mendagri Tito Sampaikan Kisi-Kisi Cara Meningkatkan PAD
Mendagri Tito Karnavian/Puspen Kemendagri.
120x600
a
0 Shares

BANDUNG, OTONOMINEWS.ID – daerah () di Provinsi Jawa Barat diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan mengoptimalkan penggunaan anggaran mereka. 

Hal ini disampaikan Menteri Dalam Negeri () Muhammad dalam arahan pada Rapat Koordinasi Kepala Daerah se-Jawa Barat, di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024).

Mendagri Tito mengungkapkan, meski realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah () relatif bagus, tapi masih ada beberapa daerah di Provinsi Jawa Barat yang di bawah nasional.

“Nah, saya mendorong supaya pendapatan lebih tingkatkan lagi, di antaranya dengan menghidupkan sektor swasta. Jadi dibuat baik untuk pengusaha, bukan hanya besar, sedang, kemudian menengah, kecil, dan termasuk yang pedagang harian ultra mikro,” kata Mendagri Tito. 

Karena itu, Mendagri Tito mendorong kepala daerah agar terus berupaya menghidupkan sektor swasta. Ini dapat dilakukan dengan membuat birokrasi pelayanan yang tidak berbelit-belit dan memberikan akses perbankan kepada pelaku usaha. 

Terlebih, Bank Daerah Jawa Barat merupakan salah satu bank yang dinilai paling sehat di Indonesia. 

“Otomatis ini juga bisa jadi peluang untuk memberikan kredit dengan biaya ringan kepada yang kurang mampu,” ujarnya.

Bila sektor swasta ini hidup, lanjut Mendagri, maka akan berdampak terhadap meningkatnya retribusi maupun pendapatan dari pajak.  

r
Lihat Juga :  Mendagri Teken MoU Dukung Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *