Usman Hamid: Kudatuli, Potret Kekerasan Penguasa Menyingkirkan Oposisi

Peristiwa Kudatuli Mirip dengan yang Terjadi Sekarang

Usman Hamid: Kudatuli, Potret Kekerasan Penguasa Menyingkirkan Oposisi
Direktur Eksekutif Ambesty Internasional Indonesia, Usman Hamid. (Foto: Tim Media PDIP/MS-MJS, Ist.)
120x600
a

Peristiwa tersebut memicu kemarahan masyarakat yang ditunjukkan melalui protes di berbagai lokasi seperti Senen, Kramat, Menteng, dan Jalan Diponegoro.

Rekayasa politik pemerintah itu, kata Usman, terlihat jelas dengan menggusur kepemimpinan oposisi, yang memicu protes keras di berbagai tempat

Menurutnya, peristiwa 27 Juli juga menjadi pemicu gelombang penculikan dan penghilangan paksa, dimulai dengan aktivis PRD dan penculikan Wiji Thukul.

Gelombang pertama penculikan dimulai dari peristiwa 27 Juli, diikuti oleh gelombang kedua pada sidang umum MPR tahun 1998.

“Gelombang ketiga penculikan dan penghilangan paksa terjadi pada bulan Mei ketika saksi -saksi kunci yang melihat keterlibatan aparat itu disingkirkan, dieliminasi,” katanya.

Atas dasar itu, Usman Hamid menegaskan bahwa peristiwa 27 Juli merupakan cerminan intervensi kebijakan politik dan keamanan pemerintah untuk memperpanjang kekuasaan dan menyingkirkan lawan politik, mirip dengan situasi politik saat ini.

“Persis seperti pemerintah sekarang ini yang mencoba memperpanjang periode kepresidenannya atau memperpanjang pemerintahannya, menunda pemilunya, dan menyingkirkan lawan -lawan politiknya dengan menjadikan hukum sebagai alat kekuasaan,” pungkas Usman.

r
Lihat Juga :  PDIP Desak Audit Forensik SIREKAP KPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *