Mendagri: Lulusan IPDN Harus Jadi Pemimpin Kuat yang Punya Konsep

Mendagri: Lulusan IPDN Harus Jadi Pemimpin Kuat yang Punya Konsep
120x600
a
0 Shares

JATINANGOR, OTONOMINEWS.ID – Menteri Dalam Negeri () Muhammad berharap lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bisa menjadi pemimpin kuat yang mempunyai konsep, sekaligus menjadi birokrat negara yang efektif dan efisien.

Hal ini ditegaskan Mendagri pada acara Pembekalan kepada Calon Wisudawan Program Sarjana Terapan Ilmu Pemerintahan, Program Magister Terapan Studi Pemerintahan, dan Program Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN Tahun Akademik 2023/2024.

“Adik-adik dari IPDN terutama dipersiapkan untuk menjadi leader ke depan, pemimpin, sudah banyak yang menjadi Pj. Gubernur, Sekjen, Dirjen, banyak sekali dari lulusan IPDN,” katanya di Gedung Balairung Rudini, Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (26/7/2024).

Mendagri menjelaskan, pemimpin yang baik tidak hanya memiliki kekuasaan saja, tetapi juga memiliki konsep organisasi akan dijadikan seperti apa dan dibawa ke mana. Dasar dari pemimpin yang mempunyai konsep adalah dia memiliki ilmu pengetahuan yang luas, baik yang didapat dari pengalaman sendiri maupun orang lain.

“Pengalaman orang lain [yang] langsung kita dengar, atau yang dia bukukan, atau dicatat orang lain. Makanya rajin-rajin juga membaca pengalaman orang lain yang dibukukan, pengetahuan dia yang dibukukan. Sebetulnya [itu] adalah [cara] kita untuk mendapatkan knowledge, dari knowledge kita bisa punya konsep,” ujarnya.

r
Lihat Juga :  Mendagri Dorong Dirjen Pemdes Hidupkan Desa jadi Pusat Ekonomi Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *