Ganjar Singgung Bahaya Pembungkaman saat Peringatan Kudatuli

Pembungkaman Oleh Penguasa terhadap Kaum Kritis

Ganjar Singgung Bahaya Pembungkaman saat Peringatan Kudatuli
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo berorasi saat peringatan 28 tahun peristiwa Kudatuli (Foto: Tim Media PDIP/MS-MJS, Ist.)
120x600
a
0 Shares

JAKARTA, OTONOMINEWS.ID – Ketua DPP (PDIP) menyebut penyerbuan kantor PDI pada 27 Juli 1996 atau bukan hanya menjadi peristiwa parpolnya saja, karena insiden itu juga mempengaruhi pihak lain.

Diketahui, PDI pada 27 Juli 1996 diserang sekelompok orang yang tidak ingin partai berlambang Banteng dipimpin Megawati Soekarnoputri. Belakangan, kejadian itu disebut sebagai Kudatuli.

“Kudatuli bukan peristiwanya PDI Perjuangan saja, tetapi ini peristiwa yang bisa mempengaruhi siapa pun, bahkan dalam bentuk lain, ditindas, tidak boleh bersuara, diciptakan ketakutan, dan harus tunduk,” kata Ganjar dalam konferensi setelah peringatan Kudatuli di kantor PDIP, Jakarta Pusat, Sabtu (26/7/2024).

Ganjar mengatakan PDI pada 1996 memang mengalami serbuan secara fisik dan tekanan rezim yang berkuasa saat itu, yakni Orde Baru (Orba) era Presiden kedua RI Soeharto.

Namun, kata eks Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu, PDI Perjuangan melawan tekanan dan serbuan tadi melalui jalur pengadilan dan bisa menang.

Namun, lanjut Ganjar, Kudatuli dalam bentuk berbeda pada era kekinian, bisa saja diterima partai lain agar mereka tidak bersuara.

r
Lihat Juga :  Siti Atikoh Ingatkan Bahwa Ilmu Tanpa Adab Bisa Merusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *