Sudah 84 Kali Rakor, Pemda Mestinya Telah Mahir dan Tahu Kunci Kendalikan Inflasi

Sudah 84 Kali Rakor, Pemda Mestinya Telah Mahir dan Tahu Kunci Kendalikan Inflasi
Plt Sekjen Kemendagri, Tomsi Tohir/Puspen Kemendagri.
120x600
a

JAKARTA, OTONOMINEWS.ID – Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri () meminta pemerintah daerah () tegas dan sudah mahir dalam mengendalikan

Pasalnya, ungkap Tomsi Tohir, hingga 29 Juli 2024, Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang diprakarsai Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan diikuti Pemda, telah berlangsung sebanyak 84 kali sejak digelar perdana pada bulan September 2022 lalu. 

Materi-materi yang disampaikan di dalam setiap Rakor bisa menjadi program kegiatan strategis yang perlu ditindaklanjuti, baik oleh Pemda maupun kementerian/lembaga (K/L).

“Pada kesempatan pagi hari ini, ini yang ke-84 kali kita mengadakan rapat yang terus-menerus setiap minggu. Oleh sebab itu tentunya harapannya sudah banyak yang kita lakukan dan melaksanakan perubahan dan program jangka panjang hampir dua tahun,” katanya pada Rakor Pengendalian Inflasi Daerah secara hybrid dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Senin (29/7/2024). 

Tomsi menekankan agar Pemda tidak bersikap sebagaimana pemadam kebakaran yang bertindak hanya sesaat dalam mengendalikan inflasi. Upaya tersebut, kata dia, perlu dilakukan dengan penuh perencanaan.

Untuk itu, dirinya mengingatkan Pemda agar tidak jatuh ke lubang yang sama dalam pengendalian inflasi. Sebab pola-pola grafik inflasi selama 5 tahun telah bisa dianalisis dan grafiknya cenderung sama setiap tahun.

“Tidak henti-hentinya saya mengingatkan kembali bahwa kita selalu memiliki grafik yang sama setiap tahun. Saya pelajari semua berkaitan dengan beras, bawang, cabai, lima tahun ke belakang, itu kurang lebih di bulan-bulan itu turun dan utamanya yang naik,” ujarnya.

Begitu juga dengan distribusi komoditas, Tomsi masih melihat terdapat berbagai gangguan dan ketidaklancaran. Dia meminta Pemda untuk melakukan evaluasi di daerah masing-masing.

r
Lihat Juga :  BPS Rilis Inflasi Nasional YoY 3,00 Persen, Mendagri Minta Pemda Terus Monitor Inflasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *