Mulyanto Minta Pemerintah Tindakan Tegas WNA Penambang Liar

Mulyanto Minta Pemerintah Tindakan Tegas WNA Penambang Liar
120x600
a

JAKARTA.OTONOMINEWS.ID – Menyikapi bentrokan antara masyarakat dengan WNA penambangan emas liar di Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu (10/8/2024), Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mendesak pemerintah untuk bertindak tegas demi menjaga kedaulatan hukum nasional.

Menurut Mulyanto, pemerintah harus menindak tegas WNA yang menambang emas tanpa izin di wilayah NKRI, sekaligus menutup lokasi penambangan ilegal tersebut.

“Kasus seperti ini kan sudah berulang kali terjadi, namun terkesan menguap begitu saja, sehingga muncul di tempat lain. Kali ini kalau pelakunya benar adalah WNA, maka harus ditindak secara serius oleh pemerintah,” ujar Wakil Ketua F-PKS DPR RI bidang Industri dan Pembangunan ini, Rabu (14/8/2024).

“Kalau dibiarkan, di mana kedaulatan kita sebagai sebuah bangsa atas kekayaan SDA nasional?,” tegas Mulyanto.

Mulyanto meminta pelanggaran pidana tambang ini diusut tuntas hingga ke akar-akarnya, karena sangat tidak mungkin penambangan ilegal ini bisa beroperasi lama dengan menggunakan alat berat bila tanpa beking di belakangnya.

“Karena itu pemerintah harus berani menindak semua pihak yang terlibat. Harus ada effect jera agar kasus seperti ini tidak berulang,” pinta Mulyanto.

Mulyanto prihatin atas bentrok yang terjadi pekan lalu tersebut.

Menurut Mulyanto, hal ini bisa dihindari, apabila pemerintah tegas menegakkan aturan, sebelum masyarakat mengambil tindakan sendiri.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *