Pameran Regional Koleksi Filologika Digelar di Lampung, Ikhtiar Menghidupkan Kembali Warisan Aksara Sumatera

Pameran Regional Koleksi Filologika Digelar di Lampung, Ikhtiar Menghidupkan Kembali Warisan Aksara Sumatera
Pembukaan Pameran Regional Koleksi Filologika yang digelar di Bandar Lampung. Provinsi Lampung/mel-otn
120x600
a

BANDAR , OTONOMINEWS.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto membuka pameran Regional se-Sumatera Koleksi Filologika, di UPTD Museum Negeri Provinsi Lampung, Rabu (14/08/2024).

Pj. Gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekdaprov menuturkan bahwa menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Provinsi Lampung dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pameran Regional Koleksi Filologika se- Sumatera Tahun 2024.

“Sebagai tuan rumah, kami berupaya untuk memberikan sajian yang terbaik sehingga pameran yang diselenggarakan dari tanggal 14 sampai dengan 28 Agustus 2024 dapat berjalan sukses,” kata Pj Gubernur Samsudin dalam sembutannya yang dibacakan Sekdaprov Fahrizak.

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi Lampung, lanjutnya, karena bersama-sama mengapresiasi, menggali, dan mempelajari kekayaan intelektual yang tersimpan dalam naskah- naskah filologika yang luar biasa.

Filologika adalah jendela menuju masa lalu, yang memungkinkan untuk dilihat, dipahami, dan diambil pelajaran dari pemikiran, kebudayaan, serta nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat pada masa lampau.

“Melalui naskah-naskah ini, kita dapat mengenal lebih dalam sejarah peradaban, sastra, agama, hukum, dan berbagai aspek kehidupan yang diwariskan oleh nenek moyang kita,” ujarnya.

Pameran yang bertajuk “Aksara Khazanah Intektual Merajut Masa Lalu Merangkai Masa Depan” merupakan pengingat bahwa aksara bukan sekadar simbol atau tulisan, tetapi juga representasi pemikiran, ilmu pengetahuan, dan kearifan lokal yang harus di lestarikan.

“Sebagai generasi penerus, kita berkewajiban untuk tidak hanya menjaga, tetapi juga mengembangkan dan memperkenalkan kekayaan intelektual ini kepada dunia,” lanjutnya.

Pameran Regional Koleksi Filologika Digelar di Lampung, Ikhtiar Menghidupkan Kembali Warisan Aksara Sumatera
Kagiatan Pameran Ragional Koleksi Filllogika yang digelar di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung/mel-otn.
r
Lihat Juga :  Antisipasi Geng Motor, Tawuran dan C3, Polda Lampung Gencar Lakukan Patroli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *