Ini Dia 7 Elemen Pendukung Keberhasilan Pilkada 2024 Versi Mendagri

Ini Dia 7 Elemen Pendukung Keberhasilan Pilkada 2024 Versi Mendagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian jadi salah satu pembicara dalam Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (20/8/2024)/hms kemendagri.
120x600
a

JAKARTA, OTONOMINEWS.ID – Ada tujuh elemen pendukung keberhasilan . Jika ketujuh elemen ini bersinergi dengan baik, maka insya Allah akan berjalan lancar dan sukses.

Hal tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (20/8/2024).

Adapun 7 elemen tersebut terdiri dari penyelenggara (, Bawaslu, ), pengawas (Bawaslu, DKPP, lembaga non-Bawaslu), pemerintah pusat dan daerah, aparat keamanan (TNI/Polri, Satpol PP, Satlinmas), partai politik (Parpol) dan pasangan calon (Paslon), media/pers, serta masyarakat.

“[Election] itu adalah orkestra dari berbagai elemen yang bekerja sesuai dengan tugas masing-masing dengan baik, itu yang selalu saya sampaikan. Paling tidak ada 7 elemen, penyelenggara sendiri yaitu KPU, kemudian pengawas baik yang formal Bawaslu, DKPP, juga ada lembaga-lembaga yang mengawasi di luar formal, NGO, dan lain-lain,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga mengungkapkan peran penting KPU dan KPU Daerah (KPUD). Peran yang paling utama yaitu mampu membuat perencanaan dan aturan untuk menyelenggarakan /Pilkada secara demokratis, jujur, adil, dan transparan.

Menurutnya, peran penyelenggara Pemilu dalam merencanakan, mengeksekusi, dan melaksanakan tersebut mudah diucapkan tetapi sukar dilaksanakan.

Atas kerja-kerja yang selama ini dilakukan, Mendagri memberikan apresiasi kepada KPU dan KPUD.

r
Lihat Juga :  PAN Dukung Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *