Buka Pencanangan Gerbangdutas Ke-12 Tahun 2024, Mendagri Tito Ingatkan Kembali Tugas BNPP

Mendagri Muhammad Tito Karnavian yang juga Kepala BNPP membuka secara resmi Pencanangan Gerbangdutas ke-12 tahun 2024 yang berlangsung di Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (27/08/202)/puspen kemendagri.
120x600
a
Muhammad saat pembukaan Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) jangka menengah Tahun 2025-2029 yang berlangsung di Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (27/08/2024)/puspen .

Mendagri menambahkan, tugas berikutnya yakni mengelola Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Adapun secara operasional, PLBN dijalankan di bawah koordinasi BNPP dengan diikuti beberapa instansi, meliputi TNI, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, Badan Karantina Indonesia, hingga pemerintah daerah (Pemda).

Lebih lanjut, tugas ketiga BNPP yakni membangun daerah perbatasan. Tugas ini perlu dioptimalkan, selain untuk mendorong pemerataan pembangunan, juga sebagai bentuk strategi pertahanan negara.

Sebagai informasi, pada Pencanangan Gerbangdutas ke-12 ini, Mendagri juga sempat berkomunikasi secara virtual dengan perwakilan petugas di PLBN Sota, Sebatik, dan Motamasin.

Setelah itu, Mendagri meninjau sejumlah stan pameran yang berada di halaman Kantor Gubernur Kalbar.

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga menyaksikan beberapa pameran alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI-Polri, serta memberikan paket sembako secara simbolis kepada ibu dan anak yang membutuhkan.

Hadir pada kegiatan tersebut, Penjabat (Pj.) Gubernur Kalbar Harisson, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh, Pj. Gubernur Maluku Sadali IE, dan Pj. Gubernur Papua Ramses Limbong. Selain itu, hadir pula Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Rudy Syamsir, Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris BNPP Makhruzi Rahman, dan pejabat terkait lainnya.[***]

 

r
Lihat Juga :  Sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024, Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *