Buka Pencanangan Gerbangdutas Ke-12, Mendagri Berharap Pemerataan Pembangunan Harus Dirasakan Masyarakat Perbatasan

Buka Pencanangan Gerbangdutas Ke-12, Mendagri Berharap Pemerataan Pembangunan Harus Dirasakan Masyarakat Perbatasan
Mendagri Tito Karnavian saat meresmikan pembukaan Gertbangdutas ke-12 2024 yang digelar di Pontianak, Kalimantan Barat/puspen kemendagri.
120x600
a

PONTIANAK, OTONOMINEWS.ID – Menteri Dalam Negeri () Muhammad selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan () menekankan, pemerataan harus dapat dirasakan oleh semua masyarakat, tak terkecuali di wilayah perbatasan. Karena itulah, melalui salah satu tugasnya, BNPP didorong mengoptimalkan pembangunan di kawasan perbatasan.

“Jika daerah-daerah perbatasan itu makmur masyarakatnya, ini akan menjadi buffer zone (wilayah penyangga) untuk strategi pertahanan kita,” ujar Mendagri saat membuka Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Jangka Menengah Tahun 2025-2029 di Kantor Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (27/8/2024). Gerbangdutas tahun 2024 ini merupakan yang ke-12 kalinya digelar oleh BNPP sejak 2013 lalu.

Mendagri menyebutkan untuk merealisasikan pembangunan tersebut tidaklah mudah. Perlu koordinasi yang baik secara lintas sektoral agar pelaksanaannya tepat guna. Dengan optimalisasi tersebut, diharapkan hasil pembangunan di perbatasan juga dapat berdampak pada tercapainya Indonesia Emas 2045.

Menurut Mendagri, sejumlah lembaga internasional memprediksi Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada 2040. Situasi tersebut juga akan membuat masyarakat kelas menengah lebih dominan. Hal ini dipicu oleh tren bertumbuhnya perekonomian di Indonesia.

“Saya melihat bahwa trajectory atau prediksi itu bukan sesuatu yang mimpi, sesuatu yang hanya ilusi, tapi tadi saya sampaikan saya termasuk yang optimistis akan itu (terwujudnya Indonesia Emas 2045),” imbuhnya.

r
Lihat Juga :  BNPP Kaji 8 Lokasi untuk Pembangunan PLBN Gelombang Ketiga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *