Haidar Alwi: Kenaikan Anggaran Polri Sudah Wajar dan Jangan Dipersoalkan

Haidar Alwi: Kenaikan Anggaran Polri Sudah Wajar dan Jangan Dipersoalkan
Ir. R Haidar Alwi, MT
120x600
a

JAKARTA, OTONOMINEWS.ID – Pendiri Institute (HAI), R Haidar Alwi menilai mendukung penuh dinaikkannya anggaran menjadi Rp126,62 triliun dari sebelumnya Rp117,41 triliun (7,84 persen) dalam RAPBN 2025

Haidar menilai jumlah anggaran Polri itu telah disetujui DPR melalui mekanisme pembahasan yang sah, berbasis perhitungan kebutuhan yang rinci.

“Perhitungan dan rincian kebutuhannya jelas. Sebelum disetujui, terlebih dahulu sudah dibahas bersama DPR. Jadi, kenaikan anggaran Polri tidak perlu dipermasalahkan,” kata R Haidar Alwi, Selasa (17/9/2024).

Kenaikan anggaran tersebut akan mendukung optimalisisasi pelaksanaan fungsi dan tugas pokok Polri dalam penegakan hukum dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Tidak masuk akal bila Polri dituntut bekerja maksimal dengan anggaran yang minimal. Perbaikan kinerja harus didukung dengan anggaran yang memadai,” sambung R Haidar Alwi.

Sejauh ini, anggaran yang diamanahkan kepada Polri berhasil dibayar lunas dengan kinerja yang sangat baik. Pencapaian itu tergambar dari survei Litbang Kompas yang terkenal independen.

Di akhir 2023, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri mencapai 87,8 persen. Lalu, pada pertengahan 2024, Polri menjadi lembaga penegak hukum dengan citra positif terbaik 73,1 persen, mengungguli Kejaksaan, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Dengan demikian, kenaikan anggaran Polri selaras dengan kinerja yang semakin baik. Bahwa kemudian ada pihak yang mengatakan sebaliknya, mungkin berasal dari kelompok yang 12,2 persen sampai 26,9 persen. Itu wajar-wajar saja karena siapapun tidak mungkin memuaskan semua pihak,” jelas R Haidar Alwi.

r
Lihat Juga :  Anggaran PON XXI/PON Aceh - Sumut 2024 Dikawal KejagungĀ 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *