Masjid Fathullah Gelar Banyak Kegiatan di Peringatan Haul Syarif Hidayatullah

Undang KH. Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq)

Masjid Fathullah Gelar Banyak Kegiatan di Peringatan Haul Syarif Hidayatullah
Masjid Fathullah menggelar Haul Maulana Syekh Syarif Hidayatullah/Sunan Gunung Djati 2024.
120x600
a

Ziarah ini akan diikuti 45 orang yang terdiri dari; Pengurus Masjid Fathullah, Dosen, , dan juga beberapa orang Jama’ah Masjid Fathullah.

“Kegiatan ziarah ini mendapatkan respon yang positif sebab kegiatan ini bisa menumbuhkan menumbuhkan kecintaan pada wali, penghormatan kepada Syaikh Syarif Hidayatullah dan Fathullah, peka sejarah Nusantara dan cinta tanah air,” jelas Asyari.

Ketiga, kunjungan ke Pondok Pesantren Al-Mu’awanah Kuningan dan Keraton kesepuhan Cirebon, Jawa Barat.

Keempat, pemberian bagi mahasiswa S1 UIN Jakarta yang diharapkan dapat meringankan beban finansial mahasiswa sehingga dapat lebih fokus dalam mengikuti perkuliahan dan mencapai prestasi akademik yang optimal.

“Kegiatan bantuan pendidikan ini dimulai, registrasi 1-20 Agustus, seleksi administrasi 21-30 Agustus, Interview 4-10 September dan pengumuman penerima bantuan pada 19 September 2024,” papar Kiai Asyari.

Kelima, cek kesehatan gratis dan donor darah.

Asyari menjelaskan, proses pemeriksaan medis dilakukan untuk menilai kondisi kesehatan para jama’ah, civitas akademika UIN Jakarta dan masyarakat secara gratis dan bekerja sama dengan Rumah Sakit UIN Jakarta.

“Untuk donor darah bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (UKM KSR PMI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dilaksanakan pada hari kamis 19 September 2024,” jelasnya.

Keenam, perlombaan-perlombaan.

Kata Kiai Asyari, kegiatan lomba ini untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh jamaah masjid, mahasiswa dan masyarakat.

Ada beberapa cabang lomba, yakni:

1. Syahril Quran: Lomba kemampuan dalam seni tilawah dan tafsir Quran, pesertanya adalah Para mahassiwa se Jabodetabek.

2. Hadroh: Lomba keahlian dalam memainkan alat musik Hadroh dengan sholawat dan syair Islami, lomb ini untuk Umum.

3. Lomba menulis Artikel terkait pengembangan Masjid Fathullah UIN Jakarta yang perstanya adalah Mahasiswa se-Jabodetababek. Kegiatan dan penilaian lomba dilaksanakan pada tanggal 20-21 September 2024.

Lihat Juga :  SMPN 174 Ciracas Deklarasi Anti-perundungan

Ketujuh, inagurasi dan pengumuman pemenang lomba.

Kiai Asyari menjelaskan acara FESFA ditutup dengan inaugurasi serta penguman juara lomba-lomba yng dilaksanakan pada hari ahad tanggal 22 September 2024.

Menurut Kiai Asyari, dari banyak rangkaian kegiatan tersebut, acara Haul Sunan Gunung Djati (Syarif Hidayatullah) adalah yang utama dan pertama dilakukan.

Perayaan Haul Syekh Syarif Hidayatullah dilakukan dalam bentuk perayaan istighosah kubro, sholawatan, dan tausiah dengan menghadirkan penceramah Gus Muwafiq dari Yogyakarta yang dilaksanakan Kamis 19 September 2024.

“Kegiatan tersebut sekaligus memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW untuk mentadabburi keteladanan beliau semasa hidup,” tuntas Kiai Asyari.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *