Terima Profesor Kehormatan dari Silk Road IUTCH, Megawati: Saya Persembahkan untuk Rakyat Sebagai Sumber Kebudayaan

Terima Profesor Kehormatan dari Silk Road IUTCH, Megawati: Saya Persembahkan untuk Rakyat Sebagai Sumber Kebudayaan
120x600
a

SAMARKAND, OTONOMINEWS.ID – Presiden Kelima RI Prof.Dr.(H.C.) menyatakan, gelar profesor kehormatan yang diterimanya dari Silk Road International University of Tourism and Cultural Heritage (IUTCH), Uzbekistan, dipersembahkan untuk menempatkan rakyat sebagai sumber kebudayaan.

Sebab visi pembangunan peradaban dunia haruslah bertumpu pada jalan kebudayaan. Dan seorang Pemimpin haruslah setia pada jalan berkebudayaan dengan menempatkan rakyat sebagai sumber dari kebudayaan tersebut.

Dalam orasi ilmiahnya berjudul “Jalan Kebudayaan dan Titik Temu Peradaban”, Megawati menyatakan bahwa komitmen membangun masa depan melalui jalan kebudayaan haruslah diapresiasi. Maka itu, ia merasa terhormat, dan berbangga bisa berada di Universitas Silk Road Internasional.

“Sesuai namanya, Silk Road University melekat dengan pijakan sejarah peradaban dunia melalui jalur sutera. Jalur sutera bukanlah sekedar mata rantai perdagangan. Ia mengandung visi dan daya kepeloporan untuk membangun peradaban dunia dari utara,” kata Megawati, di Samarkand, Sabtu (21/9/2024).

Menurutnya, jalur sutera menggambarkan sintesa peradaban melalui jalan kebudayaan. Di dalam sintesa itu terjadi bauran antar kehidupan yang semakin menyempurnakan peradaban.

“Atas dasar pemaknaan terhadap jalur sutera tersebut, serta setelah saya melakukan perenungan dan berkontemplasi tentang bagaimana peradaban dunia dibangun, khususnya melalui jalur sutera, maka saya mengucapkan syukur, rasa bangga, dan terima kasih kepada seluruh jajaran Universitas Silk Road Internasional atas penganugerahan gelar Profesor Kehormatan ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Megawati juga berbicara banyak soal karakter kepemimpinan. Di dalam praktiknga, sebagai sosok yang pernah memimpin Indonesia sebagai wakil presiden dan presiden, Megawati mengaku belajar dari sosok ayahnya.

r
Lihat Juga :  Megawati Dukung Organisasi Kesejarahan Bung Karno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *