Sejumlah Kementerian,  Instansi dan Pemda Terima Anugerah Layanan Investasi 2024

Sejumlah Kementerian,  Instansi dan Pemda Terima Anugerah Layanan Investasi 2024
Kegiatan Anugerah Layanan Investasi 2024 (ALI 2024) yang berlangsung di Hotel Mulia Jakarta, Senin (30/09/2024)/Puspen Kemendagri.
120x600
a

JAKARTA, FAKTANASIONAL.NET – Menteri Dalam Negeri () Muhammad menghadiri Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2024 yang digelar oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). 

Mendagri juga turut menyerahkan sertifikat penghargaan kepada sejumlah pemerintah daerah () yang menjadi nomine pemenang. ALI 2024 tahun ini mengambil tema “Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha”. 

Selain Mendagri, hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Tirta Nugraha Mursitama dalam laporannya mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kementerian/lembaga (K/L) dan Pemda yang telah berhasil masuk dalam nomine ALI 2024. 

Tirta mengungkapkan, Kementerian Investasi/BKPM diberikan mandat untuk melaksanakan kegiatan ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2020, Peraturan Menteri Investasi/Kepala BKPM Nomor 2 Tahun 2002, dan Keputusan Menteri Investasi/Kepala BKPM Nomor 134 Tahun 2023. 

Penilaian kinerja tahun ini melibatkan 38 pemerintah provinsi, 415 pemerintah kabupaten, 95 pemerintah kota, dan 18 kementerian/lembaga. 

“Adapun tujuan utama dari kegiatan penilaian kinerja ini adalah memberikan gambaran umum, evaluasi, dan kualitas kinerja, serta memberikan Anugerah Layanan Investasi,” katanya di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (30/9/2023).

Adapun penilaian penghargaan ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu penilaian mandiri, penetapan nomine, serta terakhir pemaparan, uji petik, hingga penyerahan ALI 2024. 

“Kinerja kementerian/lembaga pada tahun 2024 ini, seluruh kementerian/lembaga telah berhasil dengan kategori yang sangat baik. Ini adalah prestasi yang luar biasa,” tambahnya.

Sedangkan hasil penilaian untuk Pemda, terdapat 441 Pemda (81 persen) dalam kategori sangat baik dan baik, serta sebanyak 105 Pemda (19 persen) dalam kategori kurang baik. Sementara prestasi sangat baik dan baik tersebut meningkat 17 persen dibandingkan dengan capaian penilaian kinerja tahun 2023.

Lihat Juga :  Kemendagri Dorong Komitmen Daerah Melalui Rencana Aksi PPSI 2023-2025

“Tentu Kementerian Investasi berkomitmen terus untuk memperbaiki iklim investasi dan berupaya menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi pertama di dunia,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Perkasa Roeslani dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemda dan K/L yang telah berkolaborasi dengan Kementerian Investasi. 

Kolaborasi ini terutama dalam rangka meningkatkan pelayanan, perbaikan iklim industri, iklim investasi, dan meningkatkan daya saing. 

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *