Ditjen Dukcapil Dukung Rilis Terbatas Aplikasi Digital Pemerintah: INApas, INAku, dan INAgov

Ditjen Dukcapil Dukung Rilis Terbatas Aplikasi Digital Pemerintah: INApas, INAku, dan INAgov
Kegiatan Rilis Terbatas aplikasi digital pemerintah: INApas, INAku, INAgov yang berlangsung di Kantor INA Digital, Peruri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (30/09/2024)/Puspen Kemendagri.
120x600
a

JAKARTA, OTONOMINEWS.ID – Ditjen Kementerian Dalam Negeri turut andil dalam kegiatan Rilis Terbatas tahap pertama tiga aplikasi digital pemerintah, yakni INApas, INAku, dan INAgov. Acara ini berlangsung di Kantor INA Digital, Peruri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin (30/09/2024).

Hadir dalam acara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Kepala BSSN Hinsa Siburian, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria, dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. 

, Teguh Setyabudi, mewakili dalam kegiatan tersebut dan memberikan dukungan penuh terhadap agenda transformasi digital ini.

Dalam rilis terbatas ini, Menpan RB Abdullah Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menkominfo Budi Arie Setiadi menyampaikan perkembangan terkini mengenai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

Tiga aplikasi yang diuji coba, yakni INApas, INAku, dan INAgov, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mempercepat digitalisasi layanan publik.

Aplikasi INApas menghadirkan Identitas Digital yang mengintegrasikan autentikasi biometrik, fitur Single Sign On (SSO), notifikasi, dan manajemen akun pengguna. 

Sementara itu, INAku menyediakan 20 layanan publik digital yang mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan administratif, dan INAgov menjadi portal administrasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Kemendagri, khususnya Ditjen Dukcapil, yang berkontribusi besar dalam pengembangan Identitas Digital melalui INApas. 

“Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat, terutama Ditjen Dukcapil, yang terus berkomitmen dalam mendukung pengembangan Identitas Digital melalui INApas. Ini adalah bagian dari upaya bersama untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih efisien dan terintegrasi,” ujar Menpan RB.

Lihat Juga :  Ditjen Bina Keuda Kemendagri: BUMD Awards Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan BUMD

Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi menyampaikan komitmen Ditjen Dukcapil dalam mendukung pelaksanaan transformasi digital pemerintahan melalui Identitas Digital yang dihadirkan oleh aplikasi INApas. 

“Ditjen Dukcapil berkomitmen penuh dalam menghadirkan Identitas Digital yang terintegrasi dengan layanan publik melalui INApas. Kami berperan untuk memastikan identitas kependudukan digital dapat diimplementasikan secara optimal dan mendukung layanan yang lebih efisien,” ujar Dirjen Teguh di sela acara.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *