Hadir di Forum Global DPI Summit 2024, Indonesia Didaulat Jadi Role Model Penerapan DPI Dunia

Hadir di Forum Global DPI Summit 2024, Indonesia Didaulat Jadi Role Model Penerapan DPI Dunia
Dirjen Dukcapil dan rombongan mengahadiri di Forum Global DPI Summit 2024 yang berlangsung di Kiro/Puspen Kemendagri.
120x600
a

KAIRO, OTONOMINEWS.ID – Dua tokoh utama Konferensi Tingkat Tinggi Digital Public Infrastructure (DPI), Dr. Pramod Varma dan Professor David Eaves sepakat mendaulat Indonesia sebagai salah satu role model terkait penerapan DPI di dunia.

Hal tersebut disampaikan kedua tokoh tersebut setelah mereka mendengarkan penjabaran dan data-data yang dipaparkan , Teguh Setyabudi tentang pencapaian dan tantangan Indonesia dalam mengembangkan DPI untuk mendukung transformasi digital, baik pada sektor publik maupun swasta di Indonesia di Forum Global DPI Summit 2024 yang berlangsung di Kairo, Mesir pada 1-3 Oktober 2024.

Setelah mendengar penjelasan Dirjen Teguh keduanya sepakat bahwa Indonesia telah mencatat kemajuan yang luar biasa dalam pengembangan dan implementasi DPI, khususnya dalam hal verifikasi identitas.

“Kedua tokoh DPI tersebut juga sepakat untuk membawa contoh baik penerapan DPI di Indonesia ini ke forum-forum global, sehingga semakin banyak negara yang bisa menjadikan Indonesia didaulat sebagai salah satu role model terkait DPI,” tulis rilis yang diterima redaksi faktnasional,net, Kamis (03/10/2024). 

Lebih lanjut rilis tersebut mengungkapkan bahwa Dirjen Teguh memaparkan tentang pencapaian Indonesia dalam mengembangkan DPI pada sesi diskusi bilateral bertajuk “How Indonesia is Building Its Digital Public Infrastructure”.

Di kesempatan itu, Dirjen Teguh menjelaskan bagaimana Indonesia membangun dan mengembangkan salah satu pilar utama DPI, yakni identity, sejak 2006 dan terus memperkuat infrastrukturnya hingga saat ini.

Pemanfaatan teknologi secara komprehensif terus dibangun oleh Ditjen Dukcapil sejak 2004, dengan menerapkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebagai sistem dasar dalam pengelolaan administrasi kependudukan. 

r
Lihat Juga :  Cegah Korupsi di Sektor Perizinan, Kemendagri Tekankan Perlu Adanya Transformasi Aparat Perizinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *