Apresiasi Capaian Inflasi 1,84 Persen, Mendagri: Terendah Sejak 2 Tahun Lalu Berkat Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah

Apresiasi Capaian Inflasi 1,84 Persen, Mendagri: Terendah Sejak 2 Tahun Lalu Berkat Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah
Mendagri Muhammad Tito Karnavian/Puspen Kemendagri.
120x600
a

JAKARTA, OTONOMINEWS.ID – Menteri Dalam Negeri () Muhammad mengapresiasi capaian tahunan (Year-on-Year) pada bulan September 2024 mencapai 1,84 persen.

Hal ini disampaikannya saat Rakor Pengendalian Inflasi Daerah dirangkaikan dengan Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (), Jakarta.

Angka 1,84 persen tersebut, ungkap Mendagri Tito, merupakan capaian inflasi terendah sejak awal Rapat Koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi dilakukan pada dua tahun yang lalu.

Pihaknya menggarisbawahi, prestasi ini merupakan hasil kolaborasi erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah (Pemda), serta kementerian/lembaga (K/L) terkait.

“Saya juga sudah menyampaikan pers rilis dari BPS tentang inflasi di bulan September kepada Bapak Presiden dan juga presiden terpilih. Beliau-beliau menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi, karena dengan angka inflasi 1,84 persen year-on-year,” katanya Mendagri dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (08/10/2024).

Dia menekankan pentingnya pemantauan dua komponen utama inflasi yang terdiri dari inflasi inti (core inflation) dan inflasi bergejolak (volatile inflation). Inflasi inti tidak begitu dipengaruhi oleh dinamika dan cenderung stabil dari waktu ke waktu, seperti pendidikan, kesehatan, dan rekreasi.

Sementara inflasi bergejolak dipengaruhi oleh berbagai dinamika seperti suplai, permintaan, dan distribusi. Ini misalnya terjadi pada sektor pangan dan energi.

r
Lihat Juga :  Kemendagri: Rencana Tata Ruang Terkait Kalimantan Utara Dan Sebatik Masih Dalam Proses Revisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *