DPR Punya 13 Komisi, Penetapan Mitranya Tunggu Kementerian Baru

DPR Punya 13 Komisi, Penetapan Mitranya Tunggu Kementerian Baru
Pimpinan DPR RI menyampaikan hasil Rapim dan Rakonsul kepada awak media di Gedung DPR Senayan Jakarta/fkn.
120x600
a

“(Mitra kerja) komisi I sampai komisi XI masih tetap. Komisi XII dan XIII-nya nanti akan menyesuaikan seperti apa kementerian yang akan diumumkan oleh pemerintah yang akan datang,” jelas Puan.

Selain itu, Puan Maharani juga mengumumkan bahwa fraksi-fraksi di telah memutuskan pimpinan AKD melalui mekanisme musyawarah dan mufakat sesuai dengan aturan yang ada. 

“Alhamdulillah, (penentuan pimpinan AKD) secara musyawarah dan mufakat kami bisa menyelesaikan secara baik, tenang, damai, adem ayem keputusan tentang komposisi dan kesepakatan siapa (pimpinan AKD),” ungkap mantan Menko PMK itu.

“Setiap pimpinan fraksi akan mengumumkan siapa yang akan menjadi pimpinan dari setiap komisinya. Besok ada paripurna. Pasti cepat atau lambat setiap pimpinan fraksi akan mengumumkan siapa yang akan menjadi pimpinan dari setiap komisinya,” tambahnya.

Puan Maharani menegaskan pemilihan pimpinan AKD berdasarkan proporsi yang telah disepakati di setiap komisi pada rapat hari ini melalui musyawarah mufakat akan disampaikan oleh masing-masing fraksi nantinya. 

“Jadi itu hak dari setiap fraksi untuk mengumumkan. Jadi bukan pimpinan DPR yang akan mengumumkan,” pungkas Puan.

Dengan demikian, Ketua DPR RI Puan Maharani menjamin bahwa penambahan AKD di DPR akan meningkatkan efektivitas dan sinergi antara lembaga legislatif dan eksekutif, serta mempersiapkan struktur yang lebih harmonis untuk periode kepemimpinan 2024-2029.[zlj]

r
Lihat Juga :  Ditolak Fraksi PKS, DPR Sahkan RUU DKJ jadi Undang-Undang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *