Presiden Jokowi Resmikan Pusat Riset Genomik Pertanian di Sumatera Utara

Presiden Jokowi Resmikan Pusat Riset Genomik Pertanian di Sumatera Utara
Presiden Jokowi meresmikan Pusat Riset Genomik Pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu (16/10/2024)/BPMI Setpres. 
120x600
a

SUMUT, OTONOMINEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pusat Riset Genomik Pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu (16/10/2024) sore. 

Dalam sambutannya, Presiden menekankan pentingnya peningkatan produksi pangan di tengah tantangan perubahan iklim yang semakin nyata.

Presiden mengatakan, perubahan iklim sekarang ini semakin nyata dirasakan dan dampaknya tidak hanya berkaitan dengan udara panas, tetapi juga produksi pangan dunia menjadi turun.

“Panasnya berapa bulan, hujannya berapa bulan, sulit sekarang ini diprediksi dan dihitung sehingga menyebabkan produksi pangan di semua negara, hampir di semua negara turun. Dan ketakutan dunia adalah nantinya terjadi krisis pangan,” kata Presiden dalam sambutannya.

Ia mencatat bahwa Indonesia masih tertinggal dalam riset pertanian dibandingkan dengan negara lain. Misalnya, sambungnya, produksi kopi per hektar di Indonesia hanya mencapai 2 hingga 2,3 ton, jauh di bawah negara lain yang mencapai 8 hingga 9 ton per hektar.

“Artinya, bibit benih unggul yang kita miliki kalah dengan mereka. Padi juga sama, kita masih per hektarnya 5,2 ton, negara lain sudah sampai di atas 7 [ton per hektar]. Artinya, riset di sini kita juga masih kalah dengan negara-negara lain,” imbuhnya.

r
Lihat Juga :  Tingkatkan Konektivitas Masyarakat, Presiden Jokowi Resmikan 7 Ruas Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi DIY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *