Resmi Gantikan Zulhas Sebagai Mendag, Ini Profile Mendag Baru Budi Santoso

Resmi Gantikan Zulhas Sebagai Mendag, Ini Profile Mendag Baru Budi Santoso
Mentari Perdagangan, Budi Santoso/Humas Kemendag.
120x600
a

Sekilas Profil Budi

Presiden Prabowo Subianto menunjuk Budi Santoso untuk mengemban jabatan sebagai Menteri Perdagangan pada Kabinet Merah Putih. Penunjukan tersebut diumumkan Presiden pada Minggu, (20/10) malam.

Budi menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pertama yang menduduki posisi Menteri Perdagangan dari jalur karier. Ia mengawali pengabdiannya sebagai ASN di Biro Hubungan Masyarakat Departemen Perdagangan (sekarang ) 30 tahun silam atau pada Maret 1994.

Sebelumnya, Mendag Budi menduduki jabatan Sekretaris Jenderal Kemendag sejak 14 Agustus 2024. Mendag Budi juga pernah menduduki jabatan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag periode Desember 2022—Agustus 2024.

Selain itu, Mendag Budi pernah bertugas sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei periode September 2020—Desember 2022. Mendag Budi juga menjadi Kepala Biro Keuangan Kemendag periode Juni—September 2020 dan Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian (sekarang Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia) Kemendag pada Januari 2018—Juni 2020.

Sebelumnya, Mendag Budi juga pernah menjadi Atase Perdagangan New Delhi, India pada Mei 2012—Januari 2017.

Mendag Budi memiliki latar belakang pendidikan Doktor Ilmu Komunikasi di Universitas Sahid (2022), Magister Ilmu komunikasi di Universitas Indonesia (2008), dan Sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Sebelas Maret (1992).[zlj]

r
Lihat Juga :  Pemprov Lampung Dapat Bantuan Pembangunan 2 Pasar dari Pemerintah Pusat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *