FGD IKAPPI, Kemendag Ingatkan Perihal Pentingnya Pasar Tradisional Tetap Eksis dan Berkembang

FGD IKAPPI, Kemendag Ingatkan Perihal Pentingnya Pasar Tradisional Tetap Eksis dan Berkembang
Kagiatan FGD yang diselenggarakan DPP IKAPPI yang digelar, Kamis (24/10/2025)/Dok. Ikappi.
120x600
a

JAKARTA, FAKTANASIONAL.NET – Kementerian Perdagangan () RI
mengingatkan akan pentingnya pasar tradisional tetap eksis dan berkembang di tengah moderenisasi ekonmoi.

Hal di sampaikan Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Bambang Wisnubroto dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) di Jakarta, Kamis (24/10/2024).

Dalam diskusi yang bertemakan “Penguatan Ekonomi Kerakyatan di Pasar Tradisional” tersebut, Bambang Wisnubroto menegaskan pentingnya pasar tradisional tetap eksis dan berkembang di tengah modernisasi ekonomi.

Dalam paparannya, Ia menyoroti peran pasar tradisional sebagai salah satu pilar utama ekonomi kerakyatan yang mampu memberikan akses ekonomi bagi masyarakat kecil dan menengah.

“Pasar tradisional harus terus eksis sebagai bagian dari ekonomi kerakyatan. Pemerintah daerah harus memberikan ruang untuk pasar tradisional di lokasi-lokasi strategis, dan penting untuk tidak mencampurkan mini market dengan pasar tradisional. Hal tersebut dapat menciptakan distorsi pasar yang merugikan pedagang kecil,” kata Bambang.

Dikesempatan tersebut, Bambang juga menekankan pentingnya sinergi antara IKAPPI dan pemerintah, terutama dalam mendukung program-program pembangunan yang diusung oleh Presiden Prabowo Subianto.

Ia berharap, melalui kolaborasi yang baik, IKAPPI dapat berperan aktif dalam menyukseskan kebijakan pemerintah, khususnya terkait pemberdayaan pasar tradisional dan penguatan ekonomi kerakyatan.

FGD IKAPPI, Kemendag Ingatkan Perihal Pentingnya Pasar Tradisional Tetap Eksis dan Berkembang
Kegiatan FGD yang diselenggarakan DPP IKAPPI yang berlangsung di Jakarta, Kamis (24/10/2024)/Dok. Ikappi.

Sedangkan Direktur Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Badan Pangan Nasional, Maino Dwi Hartono, dalam diskusi tersebut menekankan pentingnya menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di pasar tradisional sebagai langkah utama untuk memperkuat ekonomi kerakyatan.

r
Lihat Juga :  Resmi Gantikan Zulhas Sebagai Mendag, Ini Profile Mendag Baru Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *