FGD IKAPPI, Kemendag Ingatkan Perihal Pentingnya Pasar Tradisional Tetap Eksis dan Berkembang

FGD IKAPPI, Kemendag Ingatkan Perihal Pentingnya Pasar Tradisional Tetap Eksis dan Berkembang
Kagiatan FGD yang diselenggarakan DPP IKAPPI yang digelar, Kamis (24/10/2025)/Dok. Ikappi.
120x600
a

Maino menjelaskan bahwa stabilitas harga dan ketersediaan pasokan pangan di pasar tradisional sangat berperan dalam menjaga daya beli masyarakat. Menurutnya, pasar tradisional harus tetap menjadi garda terdepan dalam distribusi bahan pangan pokok.

“Stabilitas pangan bukan hanya soal harga yang terjangkau, tetapi juga tentang ketersediaan yang merata di seluruh daerah. Pasar tradisional punya peran strategis dalam menjaga akses pangan bagi masyarakat luas,” ujar Maino.

Maino juga menyoroti tantangan yang dihadapi pemerintah dalam menjaga kestabilan harga di tengah fluktuasi harga global dan tantangan distribusi di daerah-daerah terpencil.

Ia menegaskan bahwa pemerintah, melalui koordinasi pusat dan daerah, terus berupaya menjaga agar pasokan bahan pangan tetap stabil dan harga tidak mengalami lonjakan yang merugikan konsumen maupun pedagang kecil.

Lebih lanjut, Maino berharap ada sinergi lebih kuat antara pemerintah dan IKAPPI untuk menjaga kestabilan pasar tradisional di tengah persaingan dengan ritel modern.

“Perlu ada kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah dan IKAPPI dalam memastikan pedagang pasar tradisional tetap bisa bersaing dan tidak kalah dengan ritel modern,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Nailul Huda mengungkapkan bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah pasar paling banyak namun pertumbuhannya justru minus.

“Bedasarkan data dari Pondes, pertumbuhan ekonomi sangat fluktuatif dalam kurun waktu 2011-2023. Sedangkan Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah pasar paling banyak namun pertumbuhannya justru minus,” ungkapnya.[zlj]

r
Lihat Juga :  Resmi Gantikan Zulhas Sebagai Mendag, Ini Profile Mendag Baru Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *